You are here
Home > Wisata Militer > Salju Abadi Puncak Jaya

Salju Abadi Puncak Jaya

Menikmati salju di wilayah tropis rasanya adalah sesuatu yang sangat mustahil. Namun hal ini dapat kita jumpai dan nyata memang ada, keberadaan salju abadi di puncak Jayawijaya sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia menjadi buktinya.

Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak gunung tinggi menjulang bisa dibilang menjadi suatu keajaiban tersendiri bagi Indonesia. Jauh di ujung timur kepulauan Indonesia yaitu Papua ternyata juga terdapat sebuah gunung dan satu-satunya di Indonesia, gunung tersebut bernama Jayawijaya.

Nama Jaya Wijaya diberikan oleh presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno karena telah berhasil memegang kedaulatan bagi Papua. Sehingga arti dari Jaya Wijaya adalah puncak kemenangan. Sebelum penyatuan antara Papua Barat dan Indonesia pegunungan ini dinamai dengan Pegunungan Orange. Penemu dari pegunungan ini adalah orang eropa yang bernama Carstensz, seorang petualang dari Belanda. Dia melihat puncak gunung bersalju di daerah tropis dari atas kapal pada tahun 1623.

Bagi kebanyakan orang Indonesia hidup di daerah tropis berarti tidak akan bisa menikmati hujan salju seumur hidup kecuali anda harus ke luar negeri, tapi anggapan itu harus di rubah, ya di Puncak Jayawijaya, di Provinsi Papua. Puncak Jayawijaya atau yang lebih singkat disebut Puncak Jaya, memiliki ketinggian mencapai ± 4.884 meter di atas permukaan laut (dpl), sehingga memungkinkan daerah ini diselimuti oleh salju abadi dan bisa digunakan sebagai tempat untuk menikmati keindahan dan kemegahan es abadi puncak Jayawijaya. Pegunungan ini telah terbentuk dari pengangkatan dasar laut yang terjadi ribuan tahun yang lalu.

Pegunungan Jaya Wijaya menjadi destinasi wisata yang menantang sekaligus menjadi surganya bagi pendaki. Keindahan dan keelokannya menjadi daya tarik yang tak pernah hilang dari benak para pendaki dan pecinta alam. Bahkan juga menjadi daya tarik bagi para peneliti geologi dunia. Karena penemuan puncak gunung yang diselimuti salju di kawasan tropis adalah sesuatu yang belum pernah terjadi. Sehingga ini menjadi misteri alam yang sangat ingin dipecahkan para peneliti.

Baca juga :  Keindahan Pantai Bosnik

Salju di puncak Jayawijaya merupakan salah satu fenomena alam yang unik, karena es alami biasanya tidak turun di sepanjang khatulistiwa. Jika dilihat dari udara, Puncak Jayawijaya bagaikan permadani yang diselimuti tudung putih. Jika matahari sedang cerah, maka hamparan salju tersebut akan akan memantulkan cahaya matahari yang menyilaukan namun tetap mengagumkan.

Orang Indonesia yang pertama kali bisa sampai di sana adalah Letnan Kolonel Azwar Hamid bersama tim ekspedisi dari Direktorat Topografi Angkatan Darat Republik Indonesia. Letkol Azwar Hamid bisa mencapai puncak gunung Jayawijaya pada tahun 1964.

Salju abadi di Jayawijaya bukan sekadar alamnya saja yang indah akan tetapi tentang orang-orang yang senantiasa gigih menjaganya, karena hanya disanalah keajaiban dari daerah tropis dapat dirasakan, dijaga dan dilestarikan.

Semoga Salju Abadi di puncak gunung Jayawijaya senantiasa tetap menjadi keajaiban bagi Bumi Pertiwi.

Semoga Bermanfaat…Salam Ksatria.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top