You are here
Home > Berita > Sambut Hari Kesehatan, Satgas TNI Dan Dinkes Sidak Sekolah Di Perbatasan

Sambut Hari Kesehatan, Satgas TNI Dan Dinkes Sidak Sekolah Di Perbatasan

Keerom –  Untuk Menyambut Hari Kesehatan Nasional  ke 53 yag jatuh pada tanggal 12 Nopember 2017 Pos Sawiyatami Satgas Yonif 410/Alugoro yang dipimpin Danpos Letda Inf John Elisa  bekerja sama dengan Puskesmas Pembantu Sawiyatmi melaksanakan Sidak (inspeksi mendadak) kesehatan terhadap anak-anak SD Sawiyatami, Distrik Arso, Kab Keerom. Jumat (03/11)

Tujuan dilaksanakan sidak kesehatan ini menurut Danpos Sawiyatami Letda Inf John EL, merupakan bentuk perhatian cinta kasih dan sayang dari Satgas dan Dinkes Keerom terhadap putra-putri kita yang ada di wilayah perbatasan khususnya yang masih duduk dibangku SD, karena ada beberapa orang tua yang kurang memahami pentingnya menjaga kesehatan khususnya bagi para generasi calon penerus masa depan bangsa dan negara kita.

Putra-putri kita khususnya yang ada diperbatasan merupakan aset bangsa dan negara yang sangat tidak terhingga nilainya sehingga mereka memerlukan perhatian yang khusus pula. Ditangan merekalah masa depan wilayah perbatasan yang menjadi harapan.

Kegiatan sidak kesehatan ini meliputi pengecekan kesehatan secara umum dan pemberian imunisasi khususnya bagi putra-putri kira yang belum pernah mendapatkan imunisasi, karena imunisasi sangat penting untuk mengantisipasi timbulnya berbagai macam penyakit akibat tidak pernah di beri imunisasi.

Disini anak-anak ada yang senang mendapat pemeriksaan kesehatan dan pemberian imunisasi, tetapi ada pula ada yang merasa ketakutan. Sementara itu Kepala SD Sawitami Ondi, S.Pd merasa terkejut dengan adanya sidak kesehatan ini, tetapi juga merasa senang karena ada perhatian kesehatan dari Satgas dan Dinkes terhadap murid-murid kami. “Waduh, saya tidak  menyangka hari ini ada sidak (pemeriksaan kesehatan) pada anak-anak kami, terima kasih Bapak Satgas dan Ibu dari Puskesmas begitu sayang dan perhatian pada kami (para murid-murid)“ kata Kepala Sekolah sambil menyambut tim kesehatan.

Baca juga :  Babinsa Waghete Dampingi Kegiatan Sweeping Kepolisian

Hasil kegiatan sidak kesehatan menurut salah satu pegawai Dinkes Bidan Lina Pardede, Amd. Kep mengatakan, umumnya telah didapati penyakit kulit, gigi dan telinga yang kurang bersih, serta beberapa anak yang belum pernah imunisasi sama sekali.

Sementara dalm waktu yang bersamaan, tepatnya di Kp PIR 1 Yanamaa, Distrik Arso, Kab Keerom dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional, Pos Kout Satgas Yonif 410/Alugoro yang dipimpin Danpos Letda Ckm Sapuwan dan Dinkes Keerom melaksanakan kegiatan fogeng atau pengasapan  dengan tujuan untuk mencegah bersarangnya endemik nyamuk malaria, sebab di wilayah Keerom ini merupkan endemik malaria yang membutuhkan penanganan yang sangat serius.

Kegiatan fogeng atau pengasapan mendapat sambutan yang baik dari warga kampung, karena ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi atau mencegah endemik penyebaran penyakit malaria. Wlayah Papua khususnya Kab Keerom sangat identik dengan endemik malaria, untuk mencegahanya diperlukan kerjasama dari berbagai pihak dalam penanggulangannya.(Prd/cen)

Leave a Reply

*

Top