You are here
Home > Berita > Satgas Pamtas RI-PNG Yang Baru Siap Laksanakan Tugas

Satgas Pamtas RI-PNG Yang Baru Siap Laksanakan Tugas

Jayapura – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian dan Walikota Jayapura Benhur Tomy Mano membuka acara penerimaan dan pelepasan Satgas Pamtas RI-PNG (Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia – Papua New Guinea) dilapangan Upacara Makodam XVII/Cenderawasih.

Wilayah perbatasan memiliki kerawanan yang harus diantisipasi, oleh karena itu setiap prajurit yang bertugas harus tetap waspada melaksanakan patroli keamanan maupun patroli pemeriksaan patok batas dan membuat tanda-tanda dari Pos ke patok batas di wilayah atau sektor yang jadi tanggung jawabnya.

Tidak hanya itu, Satgas Pamtas RI-PNG juga harus bisa menciptakan stabilitas keamanan di sepanjang perbatasan, mencegah pelintas batas ilegal, penebangan kayu ilegal, penyelundupan dan mencegah keluar masuknya minuman keras dan Narkoba serta kelompok kriminal bersenjata. Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan bahwa daerah perbatasan di wilayah Papua cukup panjang, mulai dari Wutung sampai Merauke yang dibagi menjadi dua sektor wilayah penjagaan yaitu sektor Utara dan Selatan.

Pengamanan daerah perbatasan merupakan amanat dari Undang-Undang dan tugas dari TNI, khususnya Angkatan Darat untuk menjaga tapal batas dan juga keutuhan wilayah NKRI. Memang wilayah-wilayah tersebut harus dijaga agar tidak terjadi perubahan patok batas dan kegiatan ilegal lainnya.

Menurut Pangdam XVII/Cen, Satgas yang baru dan akan berangkat melaksanakan tugas ini sudah dibekali dengan kemampuan serta pengetahuan-pengetahuan sesuai dengan tugas yang akan diberikan, terkait daerah perbatasan baik yang bersifat taktis kemiliteran dan juga Polisional dalam membantu Polisi, dan kegiatan-kegiatan yang menyangkut Teritorial, karena bisa membantu masyarakat yang ada di daerah perbatasan.

Baca juga :  Memperingati Hari Bumi Sedunia

Selain menjaga perbatasan, salah satu dari tugas Satgas Pamtas adalah menjaga masuknya obat-obatan terlarang yang selama ini sudah terjadi, sementara itu Wali Kota Jayapura Benhur Tomy Mano MM mengatakan, sangat berterimakasih kepada Satgas Pamtas RI-PNG yang lama, yang telah memberikan rasa aman dan nyaman kepada msyarakat Kota Jayapura, khususnya daerah Perbatasan.

Sementara untuk Satgas Pamtas RI-PNG yang baru, Wali Kota mengharapkan bisa mempelajari karakter masyarakat dan budaya orang Papua yang keras, namun dalam kata keras tersebut, sebenarnya memiliki hati yang baik.(Prd/Cen).

Sumber          : Koran Cenderawasih Pos edisi 14-07-16 Hal 14

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top