You are here
Home > Berita > Satgas Pamtas Yonif 405/SK Motivasi Perjusami SMPN 1 Tanah Merah

Satgas Pamtas Yonif 405/SK Motivasi Perjusami SMPN 1 Tanah Merah

Boven Digoel – Guna membentuk siswa di daerah perbatasan yang memiliki karakter, berkepribadian luhur dan cinta tanah air, Satgas Pamtas Yonif 405/Surya Kusuma memberikan materi untuk mengisi kegiatan Perkemahan Jum’at, Sabtu dan Minggu (Perjusami) Gerakan Pramuka SMPN 1 Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel.

Kegiatan Perjusami ini dilaksanakan mulai tanggal 8 s/d 10 September 2017, dengan melibatkan 15 personel anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK yang dipimpin oleh Lettu Inf Wahyuliyanto (Pasiter Satgas), 15 guru Pembina, 20 siswa penegak dari SMAN 1 Tanah Merah serta diikuti oleh 325 siswa SMPN 1 Tanah Merah, Minggu  (10/09)

Selama 3 hari anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK melaksanakan pendampingan kepada peserta Perjusami dengan memberikan beberapa materi. Adapun materi yang diberikan yaitu Wawasan Kebangsaan, PBB, Perlombaan-perlombaan yang bertemakan kebersamaan dan Hiking (berjalan di alam terbuka yang mengandung petualangan).

Hiking merupakan materi terakhir sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan Perjusami SMPN 1 Tanah Merah. Para peserta diperkenankan memakai pakaian olah raga dalam materi ini. Dalam perjalanan, mereka harus melalui 6 pos yang telah disiapkan oleh Satgas Pamtas Yonif 405/SK. Pos-pos tersebut berupa pengetahuan mengesan jejak, pengenalan kompas, tali temali, pertolongan pertama lapangan (Longmalap), semapur (cara mengirimkan berita menggunakan kode/sandi bendera) dan ketrampilan membuat tenda.

Baca juga :  Sosialisasi dan Pemahaman tentang Materi Kepemimpinan oleh Komandan Yonif 752/VYS kepada Anggota Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Sorong Papua Barat

Apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikan oleh Ibu Liliana M.A. Kambayaung, S.Pd., sebagai Ketua Panitia kegiatan Perjusami Gerakan Pramuka SMPN 1 Tanah Merah. ”Pendampingan yang dilakukan oleh anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK memberikan banyak motivasi kepada siswa untuk melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan dengan baik dan penuh semangat, sehingga kegiatan ini berjalan dengan aman dan sukses”, ungkap ibu Liliana.

Letkol Inf Diantoro, S.I.P., selaku Dansatgas Pamtas Yonif 405/SK menuturkan, pendampingan anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK dalam kegiatan Perjusami SMPN 1 Tanah Merah ini bertujuan untuk membentuk generasi muda yang berkepribadian dan berakhlak mulia serta menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara. (Prd/Cen)

 

 

Leave a Reply

*

Top