You are here
Home > Berita > Satgas Pamtas Yonif 405/SK Sosialisasikan Pupuk Costumbio kepada Masyarakat

Satgas Pamtas Yonif 405/SK Sosialisasikan Pupuk Costumbio kepada Masyarakat

Boven Digoel – Disamping bertugas mengamankan daerah perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif 405/Surya Kusuma melaksanakan kegiatan teritorial diberbagai bidang, diantaranya dengan menggelar sosialisasi pupuk costumbio kepada masyarakat Kp. Waropko, Distrik Waropko, Kabupaten Boven Digoel. Kamis (07/09)

Sebelum berangkat penugasan, anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK telah menerima pembekalan pengetahuan dari Dinas Pertanian tentang cara pengolahan dan pemanfaatan pupuk costumbio yang dapat meningkatkan kesuburan tanah, meningkatkan masa akar serta memacu pertumbuhan tanaman.

Salah satu dari anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK yang menerima pembekalan tersebut adalah Kopda La Naru. Berbekal pengetahuanya, Kopda La Naru mengkombinasikan bakteri costumbio  dengan air, daun-daun yang telah menjadi kompos serta kotoran ternak kambing untuk diolah menjadi pupuk costumbio didalam sebuah ember terbuka selama 5 hari.

Hasil pengolahan tersebut berupa cairan yang selanjutnya disuling dan digunakan untuk memupuk sayuran yang ada di Pos Kalikao Satgas Yonif 405/SK dan hasilnya terbukti dapat menyuburkan sayuran.

Atas permintaan warga kampung Waropko, mereka menyampaikan permohonan untuk diberikan sosialisasi tentang pembuatan pupuk costumbio tersebut karena telah melihat sendiri bukti kesuburan sayuran di halaman Pos Kalikao. Selanjutnya Kopda La Naru melaksanakan sosialisasi pengolahan pupuk costumbio tersebut kepada masyarakat Kp. Waropko mulai dari penyiapan tempat, teknik pengkombinasian bahan hingga cara penggunaanya.

Baca juga :  Penutupan Pelatihan Sisfopers Kodam XVII/Cenderawasih TA. 2015

Dansatgas Yonif 405/SK, Letkol Inf Diantoro, S.I.P., menuturkan bahwa Satgas Yonif 405/SK akan terus berupaya untuk membantu kesulitan masyarakat di berbagai bidang, salah satunya dengan mengadakan sosialisasi pengolahan pupuk costumbio yang berguna untuk memaksimalkan hasil pertanian di daerah perbatasan RI-PNG. (Prd/Cen)

 

Leave a Reply

*

Top