You are here
Home > Berita > Satgas Pamtas Yonif 405/SK Wujudkan Ketahanan Pangan Serta Mengobati dan Memberikan Bantuan Kepada Masyarakat

Satgas Pamtas Yonif 405/SK Wujudkan Ketahanan Pangan Serta Mengobati dan Memberikan Bantuan Kepada Masyarakat

Bertempat di Kp. Patriot, Distrik Arimop, Kabupaten Boven Digoel, Satgas Pamtas Yonif 405/Surya Kusuma bersama masyarakat melaksanakan penanaman jagung dan kedelai, pengobatan massal serta pemberian bantuan berupa pakaian dewasa maupun anak. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Boven Digoel, Dansatgas Yonif 405/SK, Wadansatgas, Kepala Dinas Pertanian serta seluruh elemen masyarakat Kp. Patriot.

Kegiatan diawali dengan penanaman jagung dan kedelai di lahan seluas 1 hektar. Anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK bekerja sama dengan kelompok tani Banduma Patriot di bantu oleh warga, bahu membahu membuka hingga lahan siap untuk ditanami. Lahan tersebut ditanami jagung manis jenis bongsa dengan masa panen ± 70 hari dan kedelai varietas grobogan yang masa panennya ± 90 hari. Kelompok tani Banduma Patriot akan mengajukan Urea, SP3L dan Ponska kepada Dinas Pertanian Kabupaten Boven Digoel yang akan digunakan sebagai pupuk.

Ketua kelompok tani Banduma Patriot Bp. Laurensius sangat senang atas bantuan dari anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK. Dalam penyampaiannya, mereka mengatakan, “kelompok tani  Banduma Patriot saat ini yang hanya berjumlah 21 orang tidak akan mampu membuka lahan seluas itu. Tapi berkat bantuan anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK, akhirnya masyarakat yang tidak tergabung dalam kelompok tani juga ikut mempercepat pembukaan lahan”.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Kab. Boven Digoel Bp. Choerul Anwar menyampaikan agar warga Kp. Patriot menggali dan memaksimalkan potensi yang ada di daerahnya, yang mana salah satu hal yang memang cocok di Papua wilayah selatan tersebut adalah sektor pertanian. Beliau juga menyampaikan harapannya, agar masyarakat kabupaten Boven Digoel lebih produktif agar menjadi sumber pendapatan selain daripada untuk kebutuhan konsumsi.

“Kalau hanya mencukupi kebutuhan makan, masyarakat tidaklah sulit mengingat Papua memiliki hutan yang luas, akan tetapi yang kita upayakan adalah sumber pendapatan masyarakat”, ungkapnya.

Baca juga :  Jam Komandan Hubdam VXII/Cenderawasih

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati juga meninjau anggota kesehatan Satgas Pamtas Yonif 405/SK yang sedang melaksanakan pengobatan massal.

Masyarakat Kp. Patriot sudah tidak asing lagi dengan kehadiran anggota kesehatan Satgas Pamtas Yonif 405/SK, karena sudah sering mengobati warga dari rumah ke rumah(dor too dor). Adapun yang membedakan pada kesempatan tersebut, hanyalah pengobatan yang difokuskan pada satu tempat.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Bovendigoel, Wakil Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 405/SK yang selama ini membantu Pemda dan masyarakat dalam berbagai kegiatan.

Ditempat yang sama Dansatgas Pamtas Yonif 405/SK Letkol Inf Diantoro, S. I.P mengatakan, “Kami datang untuk membantu pemda dan masyarakat di bidang apapun. Kehadiran Satgas Pamtas Yonif 405/SK harus memberikan manfaat bagi sekitarnya, bukan hanya di bidang pertanian, tapi di semua lini”.

Mengakhiri rangkaian kegiatan, Pasiter Satgas Pamtas Yonif 405/SK Lettu Inf Wahyulianto secara simbolis menyerahkan bantuan pakaian dewasa dan anak-anak kepada sekertaris Kp. Patriot. Bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian Satgas Pamtas Yonif 405/SK terhadap masyarakat di daerah perbatasan. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top