You are here
Home > Berita > Satgas Pamtas Yonif 613/RJA Panen Bersama Masyarakat

Satgas Pamtas Yonif 613/RJA Panen Bersama Masyarakat

MERAUKE – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan ( Satgas Pamtas) Yonif 613/RJA yang berada dibawah komando Sektor Korem 174/MRK menggelar kegiatan Temu Lapang dan panen bersama kebun percontohan hasil kerjasama dengan PT. East West Seed Indonesia, bertempat di Pos Sota Merauke, Kamis(4/6).

Mereka bersama masyarakat melakukan panen tanaman tomat, cabe rawit, terong ungu dan kol besar serta labu kuning. Disamping memelihara dan menanam sayuran di sekitar Pos, sayuran yang ditanam di Kebun Percontohan sudah mulai membuahkan hasil, yakni sayuran jenis tanaman tomat, cabe rawit, terong ungu dan kol besar serta labu kuning dan berbagai jenis tanaman lain juga ditanam dan dipelihara, khususnya sayuran yang dapat dikonsumsi dan merupakan kebutuhan sehari-hari.

Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Teguh Pudji Raharjo mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi teknologi varietas baru dalam meningkatkan produksi dalam melaksanakan budidaya sayuran dan buah-buahan.

“Ini juga sekaligus memberikan contoh dan inspirasi kepada masyarakat tentang pentingnya tanaman sayuran dan holtikultura dalam mendukung serta mewujudkan program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan,” katanya dalam release yang diterima Cenderawasih Pos.

Dikatakan, kegiatan ini merupakan bentuk dari pembinaan teritorial yang dilaksanakan oleh Yonif 613/RJA di Wilayah Kabupaten Merauke, khususnya di Distrik Sota dengan serbuan teritorialnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendukung program nasional tentang ketahanan pangan.

Dengan memanfaatkan lahan kosong yang berada di sekitar Pos, Yonif 613/RJA mengajak masyarakat untuk menggarap lahan secara bersama-sama dengan prajurit yang berada di Pos Kotis Sota serta dibantu oleh perusahaan PT East West Seed Indonesia dapat menghasilkan tanaman yang cukup subur dan hasilnya cukup baik.

Baca juga :  Babinsa Sentani Bantu Warga Dirikan Rumah Sehat

Ditambahkan, hal ini sesuai dengan Undang-undang No. 34 tentang Tugas TNI yang salah satu tugas yaitu melaksanakan operasi militer selain perang dan melaksanakan doktrin TNl yaitu delapan wajib TNI yang ketujuh yakni ‘Menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaba untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya’.

Untuk itu Satgas Pamtas RI-PNG(Papua New Guinie) Kolakops Rem 174/ATW Kosektor Selatan Yonif 613/Raja Alam, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar Pos dengan melaksanakan kegiatan berupa operasi serbuan teritorial melalui kegiatan ketahanan pangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Seksi Teritorial Korem 174/ATW, Danyonif 613/RJA, Kepala Distrik Sota, Danramil Sota, Kabag Holtikultura Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Merauke Ir Daniel Diari, Asm PT East West Seed Indonesia Cap Panah Merah Wilayah Sulawesi dan Papua Bapak Hendra Sita dan kepala Kelompok tani dan para berada di Distrik Sota.(*/ulo/bat)

Sumber Cenderawasih Pos 6 Juni 2015 Halaman 20

Pengecekan hasil Panen Raya
Pengecekan hasil Panen Raya
Panen Tanam Melon
Panen Tanam Melon
Panen Tanam Terong
Panen Tanam Terong

 

 

Leave a Reply

*

Top