You are here
Home > Tulisan > Saya Indonesia Saya Pancasila

Saya Indonesia Saya Pancasila

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Kita semua dialiri oleh darah yang sama, darah persatuan Indonesia yang telah menjadikan kita saudara, saudara sebangsa dan setanah air, Tanah Air Indonesia.

Kita berbeda-beda, namun kita adalah satu kesatuan, satu kesatuan yang utuh yang terbentang melintas batas dari Sabang dari Merauke, dari Aceh hingga Papua, kita Indonesia. Kita disatukan dengan “Pancasila”, walaupun kita berbeda ras, suku, agama, adat tapi kita satu kesatuan yang utuh dibawah bingkai NKRI, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pancasila merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia yang di dalamnya terkandung nilai-nilai kehidupan asli masyarakat Indonesia dengan keberagaman yang dipersatukan dalam suatu dasar/ideologi Negara, sehingga Pancasila dikatakan sebagai pandangan hidup bangsa sekaligus menjadi dasar rumusan hukum Indonesia.

Nilai-nilai luhur Pancasila seharusnya mampu memotivasi warga Negara Indonesia untuk berperilaku baik sebagaimana cita-cita Bangsa dan Negara, hal ini memiliki makna yang sangat bijaksana dan penuh dengan kebaikan pada setiap sila yang menjadi konsep kehidupan berbangsa dan bernegara yang sempurna.

Sebagai dasar negara dan  sebagai pandangan hidup, Pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang harus dihayati dan dipedomani oleh seluruh warga negara Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.  Lebih dari itu, nilai-nilai Pancasila sepatutnya menjadi karakter masyarakat Indonesia sehingga Pancasila menjadi identitas atau jati diri bangsa Indonesia.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, dan Tercantum Pada Paragraf Ke-4 Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Baca juga :  Pos TNI AD Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Terhadap Warga

Pancasila lahir dari pikiran yang luar biasa dari para pendiri negeri ini, Bung Karno bersama para tokoh perjuangan lainnya meramu dan meracik nilai nilai yang digali dari Bumi pertiwi tercinta ini, untuk menjadi pondasi dan pijakan, yang sekarang kita kenal dengan pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tanggal 1 Juni  adalah sebuah fakta lahirnya Pancasila, namun jauh lebih bermakna jika kita menikmati hari kelahiran Pancasila, dan menjadikan hari itu sebagai hari di mana seluruh bangsa melihat kekuatan dasar negara Indonesia. Pancasila itu jiwa dan raga kita. Ada di aliran darah dan detak jantung kita, sebagai perekat keutuhan bangsa dan negara Indonesia.

Selamat hari lahir Pancasila, Keberagaman adalah keindahan dan kekuatan,

Saya Indonesia dan Saya Pancasila

Leave a Reply

*

Top