You are here
Home > Wisata Militer > Sejarah Danau Degeli Jagali Yang Misterius

Sejarah Danau Degeli Jagali Yang Misterius

Sahabat wisata militer tidak habis-habisnya jika kita membicarakan soal Alam Papua yang indah dan penuh misteri. Masih banyak keindahan alam di sana yang belum di ketahui oleh banyak orang. Salah satu tempat yang masih menjadi misterius adalah Danau Degeli Jagali yang konon bisa mencelakakan orang yang berniat jahat.

Nama danau ini mungkin masih sangat asing di telinga sahabat Wismil. Ya tentu saja, karena Danau Degelai Jagali berada di pedalaman Papua. Seperti yang redaksi dikutip dari travel.detik.com danau ini berlokasi di sekitar Puncak Carstensz, namun tidak ada satu manusia yang tinggal di sana, hal ini bukan tanpa alasan sebab ketinggiannya mencapai 4.300 mdpl.

Maximus Tipagau, masyarakat asli suku Moni yang mengaku pernah sampai di danau ini mengatakan Danau  berada pada lembah di antara pegunungan yang bagian puncaknya runcing dan berwarna abu-abu. Ada sekitar 4 danau yang airnya berwarna biru dan bergradasi hijau toska.

Maximus lanjut menceritakan soal sejarah Danau Degeli Jagali. Sudah dari ratusan tahun silam, Suku Moni yang mendiami Ugimba mendatangi danau untuk berburu. Sebab di sekitarnya, masih banyak binatang seperti kuskus, dingiso dan bebek.

“Orang-orang tua kami, datang ke sana untuk berburu, sampai sekarang. Ada 4 jenis bebek yang saya tahu, tapi tidak tahu itu bebek apa dan sebenarnya bukan bebek asli sini karena datangnya tiap tahun hanya beberapa kali (bebek migrasi). Untuk fauna di sana, hingga kini belum ada yang meneliti,” ungkap Maximus.

Di balik kecantikan danaunya, tersimpan cerita yang bikin membuat bulu kuduk merinding. Sebab kata Maximus, Danau Degeli Jagali mendapat sebutan sebagi danau jahat sebab bisa mencelakakan orang!

“Kalau ada orang yang teriak-teriak, merusak, tidak permisi atau marah-marah ketika melewati danau ini, dia akan mati. Hujan es bisa datang, dia bisa tenggelam di danau dan lain-lain. Itu nyata, karena banyak tengkorak di sekitar danaunya,” papar pria yang juga pendiri operator tour Adventure Carstensz ini.

Baca juga :  Tak Lengkap Jika Ke Papua Belum Menari Yospan

Suku Moni sendiri, sudah mempercayai hal tersebut sejak dulu. Maka, mereka yang mau berburu di sana sampai sekarang harus bersikap hormat dan santun. Mereka tidak ingin celaka.

“Setelah danau ini, kalau jalan kaki kita bisa bertemu Pintu Surga, itu nama suatu gunung yang unik.

Sekilas, jika kita lihat tampilan danau Degeli Jagali mirip seperti Danau Larson atau danau-danau lain di sekitar Puncak Carstensz. Termasuk, mirip dengan 10 danau yang ada di Basecamp Danau-danau. Ada di mana lokasinya ini.

“Danau ini ada di sekitar Puncak Carstensz, tapi tidak berada di jalur pendakiannya. Dari Ugimba, terus ke Putigapa sebelum Juambiga Panembiga. Kalau dari peta, dari Ugimba ke Carstensz itu ke kiri, kalau ke danaunya ke kanan,”.

Sedikit menjelaskan soal geografi, Puncak Carstensz berada di kawasan Pegunungan Tengah. Puncak Carstensz masuk dalam Kabupaten Intan Jaya, dengan desa terdekatnya adalah Ugimba dan Sugapa. Untuk menuju ke Ugimba, harus naik pesawat perintis dari Timika atau Nabire. Dari sana, barulah trekking menuju ke Ugimba, desa terakhir hingga terus ke Puncak Carstensz.

Bagai mana sahabat wismil, tertarik untuk pergi ke danau ini? Sepertinya jika anda tertarik untuk pergi ke danau ini anda harus mempersiapkan dengan matang petualangan anda kali ini, karena anda diharuskan terlebih dahulu mendaki Puncak Carstensz yang merupakan puncak tertinggi di Indonesia dan memiliki suhu 1 derajat Celsius.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top