You are here
Home > Tulisan > Selamat Hari Pendidikan Nasional, Majulah Dan Kobarkanlah Semangat Belajar Untuk Meraih Kesuksesan

Selamat Hari Pendidikan Nasional, Majulah Dan Kobarkanlah Semangat Belajar Untuk Meraih Kesuksesan

Setiap Tanggal 2 Mei Bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS). Hal ini sangat berkaitan erat dengan sosok pejuang bangsa yaitu Bapak Ki Hadjar Dewantara yang tidak kenal lelah memperjuangkan nasib rakyat pribumi agar bisa memperoleh pendidikan yang layak dan bermanfaat bagi kehidupannya.

Pada saat itu ketika masa penjajahan, terdapat kenyataan bahwa hanya orang orang tertentu saja yang bisa memperoleh pendidikan, sedangkan rakyat pribumi sengaja dibiarkan buta huruf dan tidak bisa mengenal pendidikan.

Salah satu Filosofi dan hasil karya Beliau seperti kutipan kalimat “Tut Wuri Hadayani” yang memiliki arti “di Belakang Memberikan Dorongan” makna dari kalimat ini dijadikan motto dan slogan pendidikan serta menjadi landasan dalam rangka memajukan pendidikan di tanah air.

Dengan adanya kemudahan dalam menempuh jenjang pendidikan saat ini diharapkan bagi generasi muda, siswa dan pelajar dapat memanfaatkannya untuk menimba ilmu yang setinggi-tingginya. Menuntut ilmu itu tidak mengenal adanya batasan umur dan usia, serta tempat selama masih ada kemauan dan kesempatan harus dimanfaatkan dengan baik.

Ilmu merupakan jendela dunia, tingkatkan budaya membaca buku yang bermanfaat, dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi maka Anda akan bisa menguasai dunia dalam genggaman Anda.

Baca juga :  Doa dan Persembahan Dalam Agama Kristen Protestan

Disamping peran guru, peran orang tua juga sangat besar pengaruhnya terhadap dunia pendidikan, dimana mereka bisa memberikan suri tauladan dan contoh prilaku yang baik tentang norma dan pendidikan dasar.

Peringatan hari pendidikan nasional tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih dari itu peringatan merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan di Indonesia, karena dengan rasa cinta tanah air maka akan menjadikan pendidikan yang mempunyai nilai dengan menegakkan harga diri bangsa yang bermartabat dengan pendidikannya.

Pendidikan yang merata dan berkualitas sangat diharapkan oleh seluruh rakyat indonesia, pendidikan adalah awal dari berdirinya sebuah generasi cerdas yang akan membawa bangsa kita disegani dan dihargai karena pendidikannya.

Leave a Reply

*

Top