You are here
Home > Alat Utama Sistem Senjata > SELAMAT HUT KAVALERI TNI AD SANG MONSTER TEMPUR INDONESIA

SELAMAT HUT KAVALERI TNI AD SANG MONSTER TEMPUR INDONESIA

Korps Kavaleri saat ini telah berusia 67 tahun. Banyak pengalaman yang telah di dapatkan selama 67 tahun tersebut bersama pasang surutnya perjuangan bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan. Pepatah mengatakan :“Karena tak kenal maka tak sayang”. Untuk dapat disayang, kita perlu mengetahui tentang Korps Baret Hitam Kavaleri Angkatan Darat yang senantiasa mengabdi demi kedaulatan Indonesia.

Sebagai salah satu kecabangan pokok TNI AD, Korps Kavaleri memiliki tugas pokok menyelenggarakan pertempuran darat dengan menggunakan kendaraan tempur dan atau kuda militer sebagai peralatan utamanya yang bercirikan Tri Daya Cakti (Tiga Kekuatan Ampuh) yaitu Daya Tembak (Fire Power), Daya Gerak (Mobility), dan Daya Kejut (Perpaduan daya tembak dan daya gerak).

Kendaraan Tempur (Ranpur) : Kendaraan lapis baja yang digunakan dalam  pertempuran baik secara langsung ataupun bantuan langsung dari suatu operasi. Dimana ranpur tersebut memiliki suatu sistem senjata yang ampuh yang terdiri dari automotif dan komunikasi. Adapun jenis Ranpur tersebut adalah :

  1. Tank :  Kendaraan tempur yang bergerak dengan menggunakan roda rantai dan dilengkapi dengan persenjataan serta memiliki kemampuan lintas medan yang baik dan relatif tidak dibatasi oleh adanya jaring-jaring jalan.
  2. Panser :   Kendaraan tempur yang bergerak dengan menggunakan roda ban digunakan sebagai alat utama Kavaleri yang memiliki mobilitas tinggi dan dilengkapi dengan persenjataan namun terbatas oleh adanya jaring jalan.

Selain kendaraan tempur tersebut Kavaleri juga memiliki pasukan Berkuda yang tangguh dan militan, yaitu Detasemen Kavaleri Berkuda atau (Denkavkud). Denkavkud merupakan satuan pasukan berkuda satu-satunya yang dimiliki Indonesia. Satuan ini memiliki tugas pokok melaksanakan tugas operasi khususnya patroli pengamanan yang tidak dibatasi oleh jaring jalan, Fungsi strategis Detasemen Kavaleri berkuda ini sendiri adalah sebagai alternatif lain di medan yang tak dimungkinkan untuk dilewati kendaraan taktis. Sehingga, aternatif satwa kuda dapat digunakan tanpa menghambat operasi TNI. Pasukan khusus berkuda yang disiapkan detasemen ini juga mendapat pelatihan yang sedikit berbeda dari Detasemen Kavaleri pada umumnya.

Baca juga :  MBT (Main Battle Tank) Leopard 2 RI

Seiring dengan perkembangan teknologi alutsista maka berkembang pula Alutsista tempur milik Korp Kavaleri, mulai dari Tank Leopard, Man Battle Tank, kemudian juga panser Anoa produksi dalam negeri yang sangat gagah ketika selalu turut serta dalam misi perdamaian dunia (PBB). Pasukan Kavaleri memang sangat hebat, dalam medan pertempuran mereka laksana Monster yang siap mengalahkan siapapun musuh yang menghadang didepan.

Mengakhiri tulisan ini kami ucapkan Selamat HUT Kavaleri TNI AD semoga dengan semangat Tri Daya Cakti, Korps Baret Hitam selalu berjaya dalam medan tugas apapun dan siap sedia mengabdi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jaya dimasa perang, berguna dimasa damai ”. Bravo Kavaleri

Leave a Reply

*

Top