You are here
Home > Berita > Semangat Luar Biasa Babinsa Demi Tingkatkan Ketahanan Pangan

Semangat Luar Biasa Babinsa Demi Tingkatkan Ketahanan Pangan

Yapen – Banyak cara yang dilakukan demi mewujudkan ketahanan pangan dalam menunjang kedaulatan dan kehidupan bangsa Indonesia, salah satunya melalui upaya-upaya khusus didalam meningkatkan hasil produksi pertanian seperti yang dilakukan Kodim 1709/Yawa, melalui pendampingan petani Kampung Imandoa, Distrik Anotauei Kabupaten Kepulauan Yapen, pada hari Selasa (28/02).

Prioritas swasembada pangan sangat diperlukan guna menunjang ketahanan pangan, maka haruslah dimulai upaya-upaya khusus untuk meningkatkan produksi hasil pertanian dalam sebuah wilayah. Untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil pertanian, maka Pemerintah dalam hal ini melalui Kementerian Pertanian telah membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan TNI untuk menyukseskan program ketahanan pangan.

Dengan adanya MoU antara TNI dan Kementan tentang ketahanan pangan, maka seluruh Satuan TNI di Indonesia berupaya keras untuk menciptakan ketersediaan pangan di wilayah masing-masing. Tak terkecuali di wilayah Kodim 1709/Yawa yang berada di Kab. Kep. Yapen, melalui jajaran Koramilnya juga melaksanakan kegiatan upaya khusus ketahanan pangan dengan mengerahkan para Babinsa sebagai ujung tombak serbuan teritorial.

Seperti yang telah dilakukan salah satu Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel, Serda Saharuddin dalam kesehariannya bertugas melakukan pendampingan membantu petani di Kampung Imandoa, Distrik Anotaurei Kab. Kep. Yapen demi meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian bagi petani di wilayah binaannya. Kali ini, pendampingan dilakukan kepada Bapak Otto Woru yang merupakan petani jagung yang memiliki lahan seluas ± 0,5 Ha dengan membantu pengolahan lahan memakai peralatan tradisional berupa sekop dan parang. “Lahan yang telah dipersiapkan ini nantinya akan ditanami jagung, seperti yang terlihat disebelah lahan juga ada tanaman jagung yang siap panen” tutur Saharuddin.

Baca juga :  Pembekalan Kasrem 172/PWY pada Latihan Kader I Gel. V GEMAPI

Lebih lanjut, Saharuddin menambahkan bahwa kegiatan pendampingan harus terus dilakukan secara rutin agar hasil panen dapat memuaskan seperti yang diharapkan, sebab dari hasil panen inilah akan diketahui tingkat keberhasilan petani dalam kualitas dan kuantitasnya. “Dengan adanya kegiatan ketahanan pangan akan membuat Kelompok Tani lebih bersemangat dan program pendampingan sangat membantu petani dalam mesukseskan ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan mereka,” pungkas Saharuddin.

Menurut Bapak Otto Woru, kegiatan para Babinsa untuk mendampingi bagi para petani sungguh sangat positif dan menjadikan kami lebih termotivasi untuk meningkatkan jumlah panen dari yang sebulumnya. “Para Babinsa sungguh luar biasa dedikasinya bagi para petani lokal untuk menciptakan ketahanan pangan di Kab. Kep. Yapen, semoga dengan kerjasama antara petani dan para Babinsa akan mampu menyediakan kecukupan swasembada pangan,” imbuh Otto Woru. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top