You are here
Home > Tulisan > Alat Utama Sistem Senjata > Senapan Ampuh Buatan Dalam Negeri

Senapan Ampuh Buatan Dalam Negeri

Senapan Ampuh Buatan Dalam Negeri

Desain yang ergonomis, tahan terhadap segala medan dan tingkat akurasi yang tinggi merupakan syarat mutlak bagi senapan ringan jika ingin dikatakan sebagai senapan yang handal. Ketiga syarat itulah yang coba dioptimalkan oleh para insinyur anak negeri yang bekerja di PT. Pindad. Melalui penelitian mendalam dan kerja keras para putra terbaik bangsa Indonesia terciptalah senapan ringan SS2 V1. Senapan tersebut merupakan gabungan desain dari 3 senapan legendaris, yaitu AK-47 dari Rusia, M16 A1 dari USA dan FNC dari Belgia.
Ketangguhan senapan SS2 V1 sudah terbukti di kancah internasional. Juara umum Asean Army Rifle Match (AARM) atau Lomba Menembak Senapan Antar Angkatan Darat Se-Asean adalah buktinya. Senapan SS2 V1 banyak digunakan oleh satuan-satuan TNI diberbagai wilayah di Indonesia, termasuk seluruh Batalyon Infantri di Kodam XVII/Cenderawasih. Penggunaan senapan ini sangat cocok bagi prajurit TNI karena ringan dan tahan terhadap cuaca dan kondisi medan di Indonesia. Berikut adalah spesifikasi senapan SS2 V1:
Spesifikasi senapan SS2 V1:
Kaliber                             : 5,56 x 45 mm
Panjang keseluruhan      : 990 mm
Panjang popor terlipat     : 740 mm
Berat kosong                   : 3,4 kg
Mode penembakan         : single, Full auto, safe
Jarak tembak efektif       : 500 m
Warna                              : hitam & abu-abu

Baca juga :  “LEOPARD” Lapis Baja Penjaga Negara

Foto: pindad.blogspot.com

2 thoughts on “Senapan Ampuh Buatan Dalam Negeri

  1. untuk memenuhi pembuatan tugas akhir taruna akmil tk IV , ijin bertanya apakah senjata yang di gunakan oleh satuan satuan yang berada didaerah perbatasan papua – PNG adalah senjata ss1 ataukah ss2 ? dan varian berapa?

Leave a Reply

*

Top