You are here
Home > Tulisan > Rohani > Sholat

Sholat

Pada 16 Mei 2015 kemarin kita kembali mengingat tanggal 27 rajab, dimana turunnya perintah sholat bagi umat islam. Perintah sholat diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Besar Muhammad SAW sebagai benteng akhlak umat muslim. Keajaiban perintah sholat ini terdapat dalam Al-qur’an, Raka’at sholat dalam 1 hari ada 17 raka’at, gerakan sholat dalam 1 hari ada 111 gerakan. Hal tersebut juga terdapat dalam al-qur’an, surat ke 17 adalah surat Al-isra yang didalamnya terdapat perintah sholat, surat tersebut memiliki ayat sebanyak 111 ayat sesuai banyak gerakan sholat dalam 1 hari.

Menjalankan perintah sholat merupakan bukti ketakwaan yang juga merupakan upaya luhur untuk meningkatkan iman islam. Dengan sholat kita senantiasa menjaga kesucian diri dengan wudlu, dengan sholat kita melatih disiplin kita, dengan sholat kita terhindar dari perbuatan keji dan mungkar karena kita setiap saat akan mengingat Allah SWT sang maha mengetahui dan masih banyak lagi manfaat sholat lainnya.

Hikmah perjalanan Nabi Besar Muhammad SAW yang lebih dikenal dengan Isra dan Mi’raj tersebut harus menjadi contoh kita terhadap setiap perintah yang diberikan harus dilaksanakan dengan baik. Perjalanan tersebut harus menjadi contoh di satuan, lingkungan kerja, rumah dan masyarakat.

Umat islam harus dapat menjadi makhluk yang bermanfaat bagi nusa bangsa dan agama. Umat islam sebagai elemen bangsa sangat berpengaruh. Pada tahun 2010, penganut Islam di Indonesia sekitar 205 juta jiwa atau 88,1 persen dari jumlah penduduk di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari pulau Miangas sampai pulau Rote.

Baca juga :  Pesawat Tanpa Awak Milik TNI

Sebagai umat islam kita dapat mengambil hikmah dari momentum ini sebagai tameng dari dampak negatif globalisasi. Ancaman teroris ISIS yang sekarang pergerakan umatnya dimana-mana butuh kebersamaan masyarakat dalam menangkalnya. Umat islam harus menjadi pelopor kebenaran dan berbuat baik. Kita dapat memulai dari diri kita sendiri. Apabila dilingkungan kita terdapat suatu hal yang ganjil atau tampak tidak sesuai dengan kebiasaan masyarakat kita dapat segera melaporkan hal tersebut ke Ketua RT atau Ketua RW bahkan ke Polisi atau Babinsa yang ada di daerah tersebut. Sebagai contoh kegiatan suatu perkumpulan yang melaksanakan pengajian di tengah hutan yang tidak layak untuk digelar suatu Forum pengajian, hal tersebut dapat kita laporkan kepada pihak yang berwenang.

Negara kita saat ini mengalami darurat narkoba, prostitusi, korupsi dan perbuatan dzolim lainnya. Hal tersebut harus segera dihentikan dan diberantas kalau tidak negara kita tercinta ini lambat laun akan mengalami krisis dan bahkan hancur. Kedamaian dan kesejahteraan sebagai tujuan hakiki, tujuan bersama bahwa negara tercinta kita harus lebih maju dari sebelumnya.(hro/cen)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top