You are here
Home > Tulisan > Sianida

Sianida

Berbicara mengenai sianida, akhir-akhir ini kita diingatkan oleh kasus kopi beracun yang selalu hangat menjadi bahan perbincangan baik di media cetak maupun media elektronik (TV) dan saat ini masalah tersebut masih dalam proses persidangan pelaku.

Ternyata sianida adalah zat yang sangat berbahaya dan mematikan ada di sekeliling kita tanpa kita sadari. Zat sianida terdapat pada umbi-umbian, kacang-kacangan dan biji buah. Seperti pada singkong, kacang lima, almond, biji buah aprikot, apel, dan buah persik. Zat sianida yang terdapat di bahan-bahan alami ini memang kandungannya sangat rendah/sedikit, sehingga dengan mengkonsumsi buah-buahan tersebut tidak akan berpengaruh kepada tubuh, akan tetapi apabila kita mengkonsumsinya dengan jumlah yang banyak maka akan segera terlihat reaksi yang sebenarnya zat mematikan tersebut.

Sebagai bahan yang beracun, sianida masih dapat digunakan dalam industri manufaktur. Sianida digunakan untuk membuat kertas, tekstil, dan plastik. Garam sianida digunakan dalam metalurgi untuk elektroplating, pembersihan logam, dan menghapus emas dari bijih. Gas sianida digunakan untuk membasmi hama dan hama di kapal dan bangunan. Dalam dunia kecantikan, sianida merupakan salah satu zat yang digunakan untuk menghapus kuku palsu.

Sianida yang kita kenal dapat berupa cairan maupun gas.

Sianida berbentuk gas ini bisa masuk ke dalam tubuh tanpa disadari melalui saluran nafas.

Contoh Gas sianida yang ada disekeliling kita adalah dari asap rokok dan asap hasil pembakaran sampah plastik.

Sangat mengerikan bukan..?!!

Tanpa disadari kita telah berada dilingkungan yang banyak menghasilkan gas sianida.

Untuk sianida cair biasanya mengenai korban pada saat sedang bekerja di suatu perusahaan yang salah satu bahan bakunya menggunakan zat tersebut untuk menghasilkan produknya.

Baca juga :  MEMBUAT LOGO DENGAN MENGGUNAKAN SHAPES MS.POWERPOINT

Orang yang tinggal dilingkungan sekitar tempat industri yang memiliki limbah mengandung sianida dapat juga terancam apabila tanah dan air di daerah tersebut tercemar oleh limbah sianida.

Cara kerja zat sianida apabila masuk ke dalan tubuh cukup menakutkan, sianida ini mencegah sel-sel dalam tubuh menggunakan oksigen. Ketika ini terjadi sudah bisa dipastikan bahwa sel-sel yang tidak mendapat masukan oksigen akan mati. Seluruh Organ vital manusia seperti jantung, hati dan otak seluruhnya adalah pengguna oksigen.

Dapat kita bayangkan apabila jantung, hati dan otak kita berhenti di aliri oksigen..!!

Sudah bisa dipastikan berhenti pula kerja jantung, hati dan otak kita dan akibatnya.. kematian..!!

Bagaimana cara menolong orang yang tanpa sengaja terkena sianida..??

Bagi orang yang tanpa sengaja menghirup sianida yang berbentuk gas maka segera bawa orang tersebut ke tempat terbuka untuk mendapatkan lebih banyak oksigen, selanjutnya segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pertolongan lebih lanjut dan intensif.

Untuk korban yang terkena cairan sianida/terminum, pertolongan terbaik adalah sesegera mungkin membawanya ke petugas medis/pelayanan kesehatan atau rumah sakit terdekat agar segera mendapat perawatan yang lebih intensif supaya nyawanya dapat tertolong.

Sianida memang zat yang masih berguna dan diperlukan bagi kehidupan manusia di beberapa bidang, namun kita juga harus tetap menyikapinya dengan bijak dan berhati-hati dalam penggunannya sehingga manfaatnya bisa diambil sedangkan dengan dampak buruknya dapat dihindari. (Cen)

Leave a Reply

*

Top