You are here
Home > Tulisan > Artikel > Sisi Lain Prajurit TNI Penjaga Perbatasan

Sisi Lain Prajurit TNI Penjaga Perbatasan

TNI selalu mengabdi untuk negeri demi kedaulatan NKRI, hal ini sudah menjadi tugas yang diemban oleh prajurit TNI dimanapun berada, terutama para prajurit pengaman dan penjaga tapal batas Indonesia dengan Negara lain. Keberadaraan para prajurit TNI di daerah perbatasan mempunyai makna sebagai penjaga teritorial terdepan dalam rangka kedaulatan negara di bidang pertahanan negara untuk kokohnya NKRI.

Kegiatan prajurit TNI di perbatasan merupakan suatu perwujudan tanggung jawab TNI dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Republik Indonesia, selain itu juga sebagai bentuk TNI manunggal bersama rakyat, dimanapun TNI berada harus bersinergi dengan masyarakat di daerah tersebut.

Disamping melaksanakan tugas pokoknya sebagai penjaga wilayah perbatasan, Prajurit Satgas Pamtas memang banyak melakukan kegiatan sosial seperti gotong royong bersama masyarakat. Baik itu membangun dan merenovasi Masjid, Gereja, gapura, maupun mengadakan pengobatan gratis, dan juga membantu proses pendidikan di sekolah-sekolah sekitar perbatasan.

Ikutnya prajurit TNI menjadi tenaga pendidik bukanlah tanpa alasan. Selain untuk menanamkan rasa cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, juga karena jumlah guru di daerah pedalaman perbatasan yang masih kurang. Kondisi seperti inilah yang mendorong prajurit Satgas Pamtas membantu mengajar di sekolah tersebut sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab dalam mencerdaskan anak generasi bangsa.

Selain mengajar, Satgas Pamtas juga memberikan bantuan kesehatan kepada masyarakat perbatasan seperti pengobatan gratis, pengobatan keliling, sunatan massal, dan donor darah. Kegiatan sosial yang dilakukan Satgas Pamtas juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang tinggal di perbatasan, masyarakat pada umumnya sangat senang dan terbantu oleh peran TNI di perbatasan. Hal tersebut karena selain memberikan rasa aman kepada masyarakat perbatasan, keberadaan TNI juga membantu kesulitan rakyat.

Baca juga :  Sepatu Dahlan

Meskipun melakukan banyak kegiatan sosial, namun Satgas Pamtas tidak melupakan tugas pokoknya untuk menjaga perbatasan. Beberapa tugas pokok Satgas Pamtas antara lain, mencegah terjadinya pergeseran atau hilangnya patok batas, mencegah segala jenis kegiatan illegal dalam bentuk apapun, mencegah terjadinya penyelundupan senjata dan bahan peledak, serta mencegah terjadinya pelintas batas yang tidak memenuhi persyaratan dalam prosedur yang berlaku.

Meskipun banyaknya tantangan yang dihadapi, mereka selalu siap dan ikhlas menerima penugasannya serta melaksanakan semua tugasnya dengan disiplin dan tanggung jawab tinggi, karena merekalah ujung tombak terdepan yang siap mengorbankan darah, keringat serta hidup mereka demi keamanan dan kesatuan NKRI.

Meskipun mereka harus bertahan hidup dengan keterbatasan, mereka selalu semangat dan gembira dalam mengemban tugas yang sangat mulia ini untuk mempertahankan keutuhan wilayah NKRI. Mereka tidak rela kehilangan sejengkal tanah Ibu Pertiwi, tujuan mereka hanya satu yaitu menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

Leave a Reply

*

Top