You are here
Home > Berita > Siswa SMK Pelayaran Mimika Terima Materi Wawasan Kebangsaan

Siswa SMK Pelayaran Mimika Terima Materi Wawasan Kebangsaan

Timika – Kodim 1710/Mimika beserta jajaran memberikan pengetahuan tentang Wawasan Kebangsaan kepada para siswa di SMK Pelayaran sebagai wujud kemanunggalan TNI dan Rakyat yang bertempat di SMK Pelayaran Distrik Mimika Timur, Selasa, (29/11).

Kegiatan ini dilakukan karena para generasi muda merupakan aset bangsa yang harus dijaga baik jiwanya maupun motivasinya dalam belajar. Wawasan kebangsaan sangatlah penting untuk diketahui oleh generasi muda sebagai penerus bangsa dikarenakan penambahan ilmu tentang situasi bangsa untuk saat ini dapat menentukan langkah yang tepat dalam mengantisipasi ancaman yang mungkin akan terjadi di Indonesia di masa yang akan datang. Oleh karena itu wawasan kebangsaan sangat perlu dimiliki oleh setiap generasi muda Indonesia demi mewujudkan generasi bangsa yang solid dan kuat di masa depan.

Pada kesempatan ini, Danramil 1710-07/Mapurujaya Letda Inf Suardi menjelaskan tentang peningkatan jumlah penduduk dunia yang diikuti dengan berkurangnya jumlah energi. Penurunan jumlah energi tersebut akan menimbulkan kompetisi global dan merubah gaya bisnis dunia saat ini serta mendorong berbagai pihak untuk menguasai daerah ekuator yang merupakan penghasil sumber daya hayati yang sangat melimpah dan salah satunya adalah wilayah negara Indonesia.

Danramil pun menjelaskan bahwa saat ini terdapat beberapa ancaman nyata terhadap NKRI yaitu adanya penambahan pasukan di pangkalan Amerika di Darwin, Australia, konflik Laut Cina Selatan dan ancaman FPDA (negara persemakmuran bekas jajahan Inggris [Australia, Malaysia dan Singapura]) serta persaingan ekonomi global. Selain itu terdapat juga ancaman yang lainnya yang saat ini sedang kita tangani dengan sungguh-sungguh yaitu Terorisme, ISIS dan Narkoba.

Baca juga :  Pererat Tali Silaturahmi, Prajurit Kodim 1711/Bvd Hadiri Buka Puasa

Di akhir kegiatan Danramil menyampaikan agar generasi muda harus giat belajar dan jangan sampai terlena dengan perkembangan teknologi saat ini serta tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang berisi tentang perbedaan pendapat yang berkembang saat ini karena bisa merusak Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia. (Prd/Cen)

 

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top