You are here
Home > Tulisan > Alat Utama Sistem Senjata > Skywall : Senjata Canggih Penangkap Drone

Skywall : Senjata Canggih Penangkap Drone

Dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini, banyak alat pengintai modern telah diciptakan yang salah satunya adalah drone.

Drone kini telah menjadi booming setelah banyak dipakai oleh kebanyakan orang, mulai dari sekedar hobi, para Jurnalis, SAR, Penelitian, Perfilman bahkan Militer.

Dibidang militer, drone sangatlah penting dikarenakan pesawat tanpa awak ini bisa digunakan sebagai alat pengintai musuh yang sangat praktis dan efisien. Dengan bentuk yang kecil dengan suara yang tidak terlalu berisik dan bisa terbang tinggi maka musuh akan sangat sulit mengetahui kedatangan drone ini.

Drone memiliki banyak kelebihan sehingga bisa digunakan bahkan hampir bisa dioperasikan dimana saja.

Seperti yang pernah terjadi, Drone diterbangkan dari stadion olahraga ke halaman Gedung Putih, quadcopters tak berawak ini telah berhasil menyelinap ke lokasi yang biasanya terlarang, praktis tanpa ada hambatan sedikitpun.

Untuk mengantisipasi adanya drone sebagai alat intai, maka sebuah perusahaan yang ada di Inggris telah menciptakan sebuah inovasi senjata untuk melumpuhkan dan menangkap drone yang diberi nama dengan Skywall.

Skywall adalah sebuah senjata berbentuk bazoka yang dikompresi dengan gas bahu-mount, memiliki berat sekitar 10 kg, waktu reload sekitar 8 detik, jarak jangkauan tembak bisa sampai 100 meter dan memiliki fitur parasut agar drone yang telah tertangkap oleh senjata tersebut bisa jatuh kebawah secara perlahan-lahan sehingga tidak merusak drone.

Baca juga :  Karya Anak Bangsa Yang Mendunia

Akurasi Skywall bergantung pada SmartScope yaitu sebuah laser bertenaga yang memungkinkan komputer on-board pistol untuk menghitung saat yang tepat untuk memencet proyektil.

Setelah di udara proyektil menghitung mundur sampai sedekat mungkin dengan target, dimana pada titik tersebut proyektil akan meledakkan diri dengan mengeluarkan jaring untuk bisa menangkap drone sehingga drone dapat diamankan dan dapat diteliti apa tujuannya. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top