You are here
Home > Tulisan > Umum > Solusi Hidup Sehat

Solusi Hidup Sehat

Lari merupakan salah satu olahraga yang dapat kita jadikan sebagai olahraga pilihan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dalam pelaksanaannya, lari tidak memerlukan teknik dan perlengkapan/peralatan khusus seperti olahraga lainnya. Oleh karena itu lari merupakan olahraga yang murah dan efisien bagi kita.

Selain itu, lari juga dapat dilakukan oleh semua kalangan mulai dari anak kecil, remaja, maupun dewasa dan tidak mengenal postur tubuh, karena orang kurus maupun gemuk dapat melaksanakan olahraga ini.

Dengan bermodal niat, maka olahraga yang satu ini dapat kita laksanakan. Karena tanpa adanya niat, pastinya olahraga yang ringan dan bisa dikatakan mudah ini pun akan menjadi berat bagi kita.

Dengan rutin melaksanakan lari 1-2 mil/hari, akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Diantara manfaatnya adalah melancarkan peredaran darah yang berefek baik bagi kesehatan. Dengan peredaran darah yang lancar akan membuat tekanan darah menurun, karena jantung tidak perlu bekerja berat sehingga dapat membuat beberapa penyakit seperti stroke dan hipertensi.

Saat kita sedang lari, maka paru-paru dipacu untuk mengambil oksigen lebih banyak sehingga kemampuan kita untuk menghirup udara menjadi meningkat. Hal itu akan membuat peningkatan daya tahan tubuh kita.

Jika kita ingin meningkatkan produktivitas kita, maka lari pagi dapat kita jadikan sebagai pilihan. Karena saat lari pagi, kita bisa mendapatkan udara yang masih bersih dan bebas dari polusi serta kaya oksigen. Tubuh kita memerlukan oksigen untuk membakar glukosa menjadi energi yang kemudian digunakan untuk beraktivitas dan berpikir. Sehingga lari dipagi hari dapat memacu proses berpikir dan semangat hidup.

Baca juga :  Mengenal Kode Pada Stiker Buah

Selain itu, kemampuan paru-paru yang didukung oleh udara pagi yang masih bersih dapat membunuh kuman yang ada di paru-paru seperti Mycobacterium tuberculosis dan Pneumonia.

Jika kita merasa bermasalah dengan badan yang telah overweight dan ingin diet, maka lari dapat membantu untuk menurunkan berat bada. Dengan lari selama 60 menit maka diperkirakan akan membakar 100 kalori. Dengan begitu sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan.

Dalam menjalani hidup sehari-hari, pasti kita menginginkan kondisi tubuh yang sehat, bugar dan selalu terlihat fresh. Oleh karena itu, meluangkan waktu dan mengatur jadwal secara rutin untuk olahraga lari, baik pagi maupun sore hari merupakan pilihan yang tepat dan dapat memberikan manfaat yang banyakuntuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat.

Leave a Reply

*

Top