You are here
Home > Berita > Sosialisasi Kesehatan “Penyakit Hepatitis dan Saluran Pencernaan”

Sosialisasi Kesehatan “Penyakit Hepatitis dan Saluran Pencernaan”

Merauke – Komandan Koramil (Danramil) 1707-16/Sota Mayor Czi Abdullah komar menghadiri kegiatan sosialisasi tentang Penyakit Hepatitis dan Saluran Pencernaan yang bertempat di Ballroom Megaria, Jln. Raya Mandala, Distrik Merauke, Kab. Merauke, Selasa (18/07).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandenkesyah Merauke Lettu Ckm Sutarno, Danton Kes Yonif 503 Letda Ckm Samsul Islah, kapolsek Sota Iptu Ma’ruf Suroto, Perwakilan Polres Merauke Ipda I Ketut Sudarna dan perwakilan Rumkit AL PNS Andi Asniar Lisa, S.Kep., NS., Serta Ketua PPNI Kab. Merauke M. Saljan, S.Kep.

Sosialisasi yang diikuti oleh sekitar 60 orang ini, diselenggarakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kab. Merauke dan kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Hepatitis Sedunia yang diperingati pada tanggal 28 Juli 2017 dengan mengusung tema, “Ketahui Hepatitis, Saatnya Bertindak !!!”.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kab. Merauke Ibu Titi Sari Retnowati, SKM., MSc., PH., mengatakan bahwa Hepatitis B dan C adalah suatu penyakit yang menyerang hati yang disebabkan oleh virus, bersifat akut dan kronis serta dapat mengakibatkan sirosis (pengerasan hati) dan kanker hati.

“Gejala bagi orang penderita penyakit Hepatitis B adalah cepat lelah, demam, kencing seperti air teh, mual dan nyeri perut serta nafsu makan berkurang”, kata Ibu Titi Sari.

Baca juga :  Kodim 1704/Sorong Gelar Apel Danramil Dan Babinsa Tersebar

“Hepatitis B dapat dicegah dengan menghindari faktor beresiko yaitu dengan tidak menggunakan alat-alat pribadi seperti sikat gigi, pisau cukur dan pemotong kuku secara bergantian, tidak melakukan tatto, tindik dengan alat yang tidak steril serta tidak menggunakan jarum suntik secara bergantian bagi pengguna narkoba”, jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit hepatitis B dan mulai hidup sehat agar tidak mudah terserang oleh berbagai penyakit. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top