You are here
Home > Tulisan > Alat Utama Sistem Senjata > SPR-2 Senapan Canggih Milik TNI

SPR-2 Senapan Canggih Milik TNI

Selamat Siang Sahabat Ksatria Pelindung Rakyak Kodam XVII/Cenderawasih, belum lama ini dunia militer Internasional dibuat takjub oleh kemunculan Senapan Penembak Runduk atau Sniper buatan PT. Pindad yang dibuat untuk prajurit elite TNI-AD yakni Senapan SPR-2.

Senapan yang satu ini bukanlah senjata sembarangan. Senapan ini mampu menghempaskan proyektil dengan kecepatan 900 meter perdetik untuk sekali jangkauan hingga sejauh 2 Km.

Perlu diketahui bahwa tidak semua negara mampu merakit dan membuat senapan SPR-2. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Departemen Komunikasi PT Pindad, Sena Maulana. Sena menjelaskan Senjata ini hanya diproduksi oleh empat negara di dunia, termasuk Indonesia.

Untuk spesifikasinya, SPR-2 memiliki bentuk senjata modern. Senjata ini memiliki panjang keseluruhan 1755 mm, sedangkan panjang laras 1055 mm. Senjata SPR-2 memiliki bobot 19,5 kg dengan amunisi kaliber 12,7 mm dan mampu menembus Baja/Tank sekaligus. SPR-2 juga dilengkapi alat bidik teleskopik dengan pembesaran sampai 10 kali.

Kemampuan lain SPR-2 yakni dapat menjangkau targetnya hingga radius 2 km, meski jarak efektifnya hanya 1 km. SPR-2 dapat ditembakkan dengan cara tembak satu per satu menggunakan pola Bolt Action.

Bolt action adalah sistem operasi kokang senjata api yang mana bagian bolt dioperasikan secara manual, dengan cara menggesernya ke belakang (menggunakan tuas kecil/handle) agar bagian belakang (breech) laras terbuka, casing peluru kosong yang sudah dipakai terlempar keluar dan peluru baru masuk ke dalam breech kemudian bolt ditutup kembali (digeser ke depan secara manual).

Baca juga :  Karya Anak Bangsa Yang Mendunia

Demikian para sahabat, sedikit informasi kita mengenai Senapan Penembak Runduk SPR-2 buatan PT Pindad. Semoga senapan ini akan menambah kepercayaan diri para prajurit khususnya prajurit elite TNI dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sama-sama kita cintai ini.

Tetap Semangat, Bravo TNI

Leave a Reply

*

Top