You are here
Home > Tulisan > Umum > SS2 V4 Senjata Buatan Pindad Menjadikan TNI semakin Disegani Dunia

SS2 V4 Senjata Buatan Pindad Menjadikan TNI semakin Disegani Dunia

Indonesia harus bangga dengan kemampuan persenjataan yang dimilikinya, salah satunya yaitu senapan serbu (SS2) buatan PT.Pindad yang digunakan dalam ajang lomba tembak internasional. Dimana dalam ajang lomba kali ini kontingen Indonesia mengusung senjata buatan dalam negeri PT. Pindad (SS2 Varian 4) yang kemudian meraih juara umum untuk ke-7 kalinya sejak 2008 hingga 2014.

Selain keberhasilan Indonesia dalam meraih juara umum dalam lomba tembak Internasional, hal ini juga turut membawa senapan serbu buatan Indonesia (SS2 V4) ini masuk dalam 10 Senjata terbaik di dunia yang di klasifikasikan berdasarkan  ketepatan dan daya rusak, bersaing dengan deretan senjata buatan USA, Germany, Belgium, dan negara industri senjata maju lainnya.

Sebelumnya PT. Pindad menciptakan produk senapan serbu yang kita kenal dengan sebutan SS1, kemudian PT. Pindad yang berdiri sejak tahun 1983 ini kembali menciptakan senapan serbu terbaru yaitu SS2 yang merupakan salah satu produk unggulan di kelasnya.

Dibawah ini merupakan Senjata SS2 V4 yang masuk dalam 10 besar Senjata terbaik di dunia, untuk jenis Senapan serbu.

Cartridge :

5.56x45mm NATO

Action :

Gas-Operated, rotating bolt

Rate of fire :

675 – 725 rpm

Effective range :

500m

Feed system :

Various STANAG magazines.

Sights :

Iron sights, but optical sights are possible with the Picatinny rail provision. Optical sight is a standard feature in SS2-V4 variant.

Baca juga :  Apa Itu Virus Zika?

Dibanding pendahulunya, SS2 jelas jauh lebih baik dalam berbagai segi. Salah satu keunggulannya adalah alat bidik yang bisa diubah elevasinya. “Teknologi SS2 itu menggunakan teknologi baru, materialnya juga lebih ringan.

Senjata SS2, singkatan dari Senapan Serbu 2 merupakan senapan serbu buatan PT Pindad generasi kedua dari senapan serbu Pindad sebelumnya yaitu SS1.

SS2  diklaim memiliki desain yang lebih ergonomis, tahan terhadap kelembaban tinggi, memiliki berat yang lebih ringan, serta akurasi yang lebih baik. Senapan ini menggunakan peluru kaliber 5.56 x 45 mm standar NATO dan memiliki berat kosong 3,2 kg. SS2 pasukan digunakan oleh tentara Indonesia sejak tahun 2005, dan juga sudah diekspor. Awalnya tersedia dalam tiga versi dasar (standard rifle SS2-V1, carbine SS2-V2 dan para-sniper SS2-V4) sekarang ini juga tersedia dalam subcompact versi SS2-V5, yang dikenalkan pada 2008. (pm/cen)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top