You are here
Home > Alat Utama Sistem Senjata > SS2-V7 Subsonic Senapan Khusus Tanpa Suara dalam Operasi Rahasia

SS2-V7 Subsonic Senapan Khusus Tanpa Suara dalam Operasi Rahasia

Salam Ksatria…

Kesuksesan sebuah operasi pasukan khusus banyak disandarkan pada unsur kesenyapan dan kejutan dalam medan sebenarnya. Melihat hal tersebut, SS-2-V7 Subsonic hadir sebagai sebuah inovasi baru senapan serbu yang dibuat oleh PT.Pindad Indonesia.

SS2-V7 adalah Senapan yang mampu menembak secara subsonic, artinya suara yang dihasilkan oleh hentakannya berbunyi sangat senyap dan ia juga bisa berfungsi tanpa perlu lagi memutar kokang. SS2-V7 menggunakan peluru kaliber 5,56 mm. Untuk peluru, senjata subsonic menggunakan peluru khusus. Inilah yang menjadi keunggulan SS 2 Subsonic. Senapan ini dirancang khusus untuk operasi senyap oleh prajurit di medan tempur.

Dari segi penampilan, SS2-V7 Subsonic memiliki bentuk popor dan receiver kas memang bentuknya masih standar, tiada beda dengan SS-2 biasa. Pilihan moda penembakan masih S-1-A, atau semi auto (tunggal) dan rentetan panjang alias otomatis. Desain pegangan tangan (handguard) baru dengan stopper di ujungnya agar tangan tidak sampai menyentuh laras. Empat lubang ventilasi menghiasi tiap sisi untuk membuang panas dari laras.

Di ujung laras terpasang peredam suara ekstra panjang, yang dimensinya sudah sama dengan senapan SS-2 dengan popor terentang. Peredam suara ini dapat menekan profil suara penembakan sampai 70 dB, sangat senyap dan tak terdengar.

Saat ditembakkan, hanya terdengar bunyi desisan dan mekanik senjata SS-2V7. Untuk mengakomodasi peluru ini mekanisme gas pada SS-2 Subsonic dimodifikasi untuk menyemburkan lebih banyak gas ke arah belakang, agar piston dan bolt dapat beroperasi dengan sempurna.

Baca juga :  Helikopter Anti Kapal Selam Rancangan PT DI dan Airbus

Senjata berperedam dengan peluru subsonic umumnya digunakan pasukan khusus pada misi dengan resiko yang tinggi seperti anti pembajakan/bajak udara (Atbara) atau misi pembebasan sandera pada wilayah urban, sehingga dibutuhkan peluru yang punya daya lesat rendah sehingga tidak menimbulkan luka tembus atau menembus instalasi penting seperti dalam pesawat.

Berikut Spesifikasinya :

–           Kaliber : 5.56 milimeter

–           Panjang : Popor terentang (713 mm), Popor terlipat (975 mm), Laras (200 mm)

–           Berat senjata : Magasen isi 30 butir (3.71 kg), Magasen kosong (3.35 kg),

–           Berat silencer : (0,75 kg)

–           Sistem Kerja : Gas Operated

–           Mode Penembakan : Aman, tunggal dan otomatis penuh

–           Alat bidik Mekanik : Pisir dan Pejera dapat diatur

–           Kecepatan Tembak : 720 – 760 butir per menit

–           Kapasitas Magasen : 30 butir

–           Kemampuan tembak : 150 meter

Sekian pembahasan kita tentang senapan baru buatan dalam negeri ini, semoga senapan SS2-V7 Subsonic ini akan semakin memperkuat TNI dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.

Salam Semangat,,,  Ksatria Pelindung Rakyat. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top