You are here
Home > Tulisan > Umum > Stress Fractures : Penyakit Yang Sering Terjadi di Pendidikan Militer

Stress Fractures : Penyakit Yang Sering Terjadi di Pendidikan Militer

Menjadi seorang prajurit TNI haruslah mempunyai postur tubuh yang baik. Tidak lupa juga dengan kesehatan jasmani dan rohani yang dimiliki oleh seorang prajurit.  Hal itu sudah menjadi kewajiban untuk  seorang  prajurit yang mengemban tugas sebagai penjaga kemanan negara. Mereka harus dilatih secara berat untuk mendapatkan hasil fisik yang kuat . Oleh karena itu, pada masa pendidikan mereka digembleng penguatan fisik agar setelah dilantik mereka menjadi seorang prajurit yang siap pakai.

Kegiatan penguatan fisik  tersebut meliputi Lari, Shit Up, Push Up, Pull Up, Shuttle Run dan Renang. Di masa pendidikan, setiap prajurit digemblenng penguatan fisik dengan porsi yang cukup padat. Salah satunya mereka harus lari setiap hari sebanyak 3 kali. Dengan begitu, fisik dan ketahanan  mereka akan menjadi kuat.

Namun, dibalik itu semua apabila tidak diimbangi dengan makan makanan yang bergizi dan minum yang banyak sesuai dengan kebutuhan tubuh kita, stress facture adalah momok penyakit yang sering menyerang pada tulang kering yang mengakibatkan rasa nyeri pada kaki ketika sedang melaksanakan kegiatan lari. Penyakit ini disebabkan karena adanya kekurangan mineral pada tubuh kita dan peradangan (iritasi jaringan) pada otot, ligamen serta jaringan luar tulang.

Cara mengobati Stress Facture yaitu mengompres bagian yang nyeri dengan menggunakan kantong es tiap dua atau tiga jam sekali selama 10 sampai 15 menit dan beristirahat selama dua sampai tiga minggu tidak melaksanakan kegiatan lari. Kita bisa mengkonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit dan multivitamin untuk tulang  yang  bebas dijual di apotik. Apabila rasa nyeri yang dirasakan lebih dari dua s/d tiga minggu, maka harus segera dikonsultasikan ke dokter bedah tulang agar cepat diatasi penyakitnya serta agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga :  Cara Menyimpan File APK di HP Android

Cara pencegahan agar tidak terkena Stress Facture yaitu mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin D, tinggi Kalsium, mineral dan bisa ditambahkan suplemen tulang. Selain itu, juga bisa dicegah dengan memilih sepatu PDL yang tepat. Hal tersebut, karena pemilihan sepatu PDL juga bisa menimbulkan resiko terkenanya Stress Facture. Dengan pemilihan ukuran sepatu yang tidak sesuai dengan kaki, hal itu dapat mengakibatkan cidera dan pergeseran otot kaki sehingga menimbulkan Strees Facture. Kemudian, selain hal itu, yang dapat mencegah diantaranya juga dengan latihan yang terprogram. Yang dimaksud dengan latihan terpogram di sini yaitu melaksanakan latihan sesuai yang diinstruksi oleh pelatih dan melaksanakan pemanasan sebelum melakukan kegiatan lari.

Demikianlah sedikit catatan kami mengenai Stress Fractures, penyakit yang sering terjadi di pendidikan militer.

Leave a Reply

*

Top