You are here
Home > Berita > Summer Triangle, Besok Matikan Lampu Serentak..!!

Summer Triangle, Besok Matikan Lampu Serentak..!!

Malam besok, tepatnya tanggal, 6 agustus 2016 ada yang berbeda di langit Nusantara, akan terjadi Summer Triangle atau dalam bahasa Indonesia berarti segitiga musim panas, yang mana, ini merupakan suatu gugusan bintang yang terdiri dari bintang Vega, Deneb dan Altair.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengajak masyarakat untuk mematikan lampu pada Sabtu (6/8/2016) malam mendatang, tepatnya pada pukul 20.00 – 21.00 WIB. Pasalnya, pada malam itu akan terlihat suatu peristiwa langka di angkasa (lapan.go.id).

Dengan mematikan lampu secara serentak, gugusan bintang akan tampak jelas dengan mata telanjang.

Cahaya bintang-bintang lainnya akan tampak lebih bercahaya dan lebih banyak. keindahan malam dengan bintang yang jarang kita lihat yang seakan hilang, tanpa sadar itu ulah dari tingkah laku kita yang tidak lepas dari penerangan lampu saat malam hari.

80 persen wilayah di Bumi saat malam hari sudah diterangi oleh lampu-lampu pengganti cahaya matahari. Cahaya penerangan memang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. berbagai macam lampu seperti lampu hias, lampu jalan raya, lampu billboard, pada malam hari lampu-lampu tersebut menjadi pandangan yang elok bila kita tinggal disuatu dataran tinggi di sebuah kota yang padat penduduknya.

Lewat kampanye “Malam Langit Gelap”, LAPAN, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menikmati pesona langit malam yang hilang. LAPAN juga mengajak masyarakat diseluruh wilayah Indonesia untuk mematikan lampu di luar ruangan secara serentak pada pukul 20.00 – 21.00 WIB atau 22.00 – 23.00 WIT.

Baca juga :  Koramil 1711-04/Getentiri Melaksanakan Kegiatan Pembuatan Kebun Percontohan

Seluruh Indonesia juga bisa melihat dengan mata telanjang rasi bintang Angsa (Cygnus), rasi layang-layang atau Salib Selatan (Crux), dan rasi Kalajengking (Scorpiro). “Khusus untuk Sabtu malam besok, kita juga bisa melihat Mars, Saturnus, dan bintang Raksasa Merah Antares yang membentuk segitiga,” jelas Thomas kepada kompas.com

Semoga langit papua besok malam bersahabat, cerah dan tidak hujan. agar kita sama-sama dapat melihat Summer Triangle yang langka itu dengan jelas. jangan lupa beritahu teman, saudara dan rekan kerja di kantor ya para sahabat, untuk mematikan lampu luar ruangan pada pukul 22.00-23.00 WIT. (Hro/Cen).

Leave a Reply

*

Top