You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Sumpit Senjata Tradisional Andalan TNI-AD

Sumpit Senjata Tradisional Andalan TNI-AD

TNI-AD gunakan senjata tradisional sumpit. Sumpit merupakan senjata tradisional terbuat dari bambu maupun batang tumbuhan yang panjangnya 1-3 meter dan berbentuk tabung. Sumpit mampu mencapai jarak efektif 200 meter. Sumpit biasa digunakan masyarakat tradisional untuk berburu di hutan. Sumpit juga bisa digunakan sebagai senjata, namun memang agak sedikit ribet. Tapi, apabila kita sudah biasa atau sudah mahir, sumpit akan lebih berfungsi maksimal sesuai penggunaannya.

Masyarakat suku pedalaman seperti suku Dayak Indonesia tercatat pada jaman kolonialisme pada saat itu turut serta melakukan perlawanan terhadap penjajah. Pada saat itu senjata penjajah lebih modern dari pada prajurit Dayak yang hanya menggunakan sumpit. Pada saat itu tentara penjajah sangat takut terkena anak sumpit dari pada terkena peluru tajam karena anak sumpit sangat beracun.

Beberapa satuan tempur TNI-AD mengaplikasikan sebuah sekenario latihan perang mereka dengan menggunakan senjata tradisional sumpit. Para prajurit TNI-AD di satuan tersebut di asah kemampuanya dalam menggunakan senjata sumpit. Dalam sebuah perang hutan ataupun infiltrasi (penyusupan ke daerah musuh) di butuhkan senjata yang senyap dan mematikan. Sumpit memiliki keunggulan tersendiri karena dapat digunakan sebagai senjata jarak jauh dan tidak merusak alam karena bahan pembuatannya yang alami.

Baca juga :  Cara Remote Laptop Dengan Hp Android

Sumpit juga sudah pernah dipakai TNI-AD untuk operasi militer di Aceh. Tercatat Yonif 600/Raider Kalimantan mampu menyusup ke daerah obyek vital GAM dan dapat menumbangkan kelompok GAM yang sedang berjaga di sebuah pos dengan bersenjata lengkap. Pada saat itu yang sudah jago dalam menggunakan sumpit memang para prajurit yang berasal dari suku Dayak asli. Mereka sebelum menjadi TNI-AD memang sudah memiliki kemampuan menggunakan sumpit dengan mahir. Saat ini sudah banyak satuan tempur TNI-AD yang sudah mengembangkan penggunaan senjata tradisional dalam latihan maupun misi pertempuran. bahkan kemampuan mereka sangat tangkas layaknya petempur sejati.(Prod/Cen)

Leave a Reply

*

Top