You are here
Home > Tulisan > Rohani > Syukuri Nikmat Tuhan YME

Syukuri Nikmat Tuhan YME

Segala nikmat yang telah kita terima semata-mata semuanya diberikan oleh Allah SWT. Seperti dalam surah Al-Kautsar :

اِنَّاۤ اَعۡطَيۡنٰكَ الۡكَوۡثَرَؕ‏ ﴿۱﴾

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانۡحَرۡ ؕ‏ ﴿۲﴾

Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الۡاَبۡتَرُ‏ ﴿۳﴾

Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.

Pada Surah Al-Kautsar ayat pertama telah dijelaskan bahwa sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak”. Nikmat tersebut sungguh luar biasa atas apa-apa yang telah kita terima. Namun tanpa kita sadari, masih banyak dari kita yang belum bisa mensyukuri segala nikmat tersebut.

Salah satu contoh kecil nikmat yang telah kita terima yaitu “nikmat kesehatan”. Ketahuilah bahwa kesehatan itu merupakan suatu nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita, sehingga dengan tubuh yang sehat kita bisa menjalankan aktifitas setiap hari dan bisa menjalankan perintah Allah SWT. Selain itu kita juga bisa bekerja mencari rejeki untuk mempertahankan hidup. Ingatlah bahwa masih banyak orang sakit yang menginginkan untuk sehat. Perlu kita renungkan sejenak, apakah kita sudah bisa mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita apa malah sebaliknya.? Hal tersebut merupakan suatu pertanyaan kecil, namun besar perkaranya bagi kita di akhirat nanti.

Upaya untuk mensyukuri nikmat yang telah kita terima yaitu dengan cara mendirikan sholat seperti yang dijelaskan dalam ayat kedua yaitu Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah”. Dalam mendirikan sholat kita juga harus benar-benar karena Allah SWT semata, sebagai bentuk rasa syukur kita atas segala nikmat yang telah kita terima. Berkorbanlah, berarti kita harus berkorban baik dengan harta benda ataupun dengan menyebarkan ilmu yang kita punya sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat rejeki yang telah kita terima. Dengan begitu kita tidak akan terlihat sombong di mata Allah SWT.

Baca juga :  Apakah Tuhan Semua Agama Sama ?

Semakin kamu mansyukuri nikmat Allah SWT, maka nikmat itu akan terus mengalir dengan sendirinya. Allah SWT itu maha mengetahui segala apa yang kita perbuat di dunia ini. Jadi jangan pernah berhenti untuk mensyukuri segala nikmatNya.

Dalam ayat terakhir dijelaskan bahwa Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus”. Maksud terputus di sini adalah terputus dari rahmat/nikmat Allah SWT. Sehingga jangan pernah kita menghiraukan orang-orang disekitar kita yang membenci atas segala nikmat kita. Allah SWT itu maha adil dan maha memberikan nikmat kepada umatNya sesuai dengan amal perbuatannya. Lakukanlah yang benar, bukan membenarkan yang kita lakukan. Sehingga diharapkan kita bisa selalu berada di jalan kebenaran.

Marilah kita berusaha untuk selalu mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT dengan menjalankan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya yaitu dengan cara mendirikan sholat (5) lima waktu. Adapun menjauhi segala laranganNya dengan cara tidak berbuat zina, mabok, mencuri atau yang dapat merugikan orang banyak. Apabila kita sudah bisa mengerjakan semua itu maka nikmat yang kita terimapun bisa menjadi berkah.

 

 

 

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top