You are here
Home > Wisata Militer > Taman Nasional Lorentz Papua Yang Menakjubkan

Taman Nasional Lorentz Papua Yang Menakjubkan

Indonesia adalah negeri yang memiliki sangat banyak hal tentang keindahan alamnya, alami dan unik adalah suatu kata yang terlintas ketika menceritakan tentang keindahan alam Indonesia. Salah satu wilayah yang saat ini memiliki Taman Nasional yang terbentang sangat luas yaitu Papua dengan Taman Nasional Lorentznya. Taman Nasional Lorentz sendiri merupakan taman nasional terbesar yang ada di Asia Tenggara.

Wilayah yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan ini memiliki luas ± 2,4 juta Ha. Sebanyak 34 tipe vegetasi diantaranya hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan lahan datar/lereng, hutan hujan pada bukit, hutan kerangas, hutan pegunungan, padang rumput, dan lumut kerak.

Taman Nasional Lorentz ini memiliki kekayaan hayati terbesar di Asia tenggara, hal itu terbukti dengan banyaknya flora dan fauna asli Indonesia yang tumbuh disana, serta jenis-jenis tanaman khas Papua lainnya.

Disini juga anda bisa menemukan beberapa jenis hewan yang mungkin jarang atau bahkan sangat jarang anda lihat. Hutan Indonesia memang memiliki begitu banyak keindahan, keindahan yang luhur anugerah yang tak ternilai untuk umat manusia.

Taman Nasional Lorentz juga merupakan Taman Nasional yang memiliki keanekaragaman eksosistem yang terlengkap se Asia Tenggara dan wilayah Pasifik. Tak heran jika Lorentz ini menjadi salah tempat wisata alam yang sangat menakjubkan di bumi Timur Indonesia karena kekayaan berupa vegetasi alam hingga pertambangan.

Kawasan Taman Nasional Lorentz meliputi beberapa wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Mimika, Kabupaten Paniai dan Kabupaten Asmat Propinsi Papua, serta beberapa kabupaten pemekaran baru seperti Kabupaten Nduga, Kabupaten Lanni Jaya dan Kabupaten Puncak.

Bagian pulau yang berbentuk kepala burung ini memiliki kehidupan alam liar yang luas dan belum terjamah manusia. Salah satu wilayah di Papua tempat berlangsungnya kehidupan alam yang menakjubkan adalah Taman Nasional Lorentz di Provinsi Papua. Taman Nasional Lorentz merupakan salah satu tempat wisata terindah di Indonesia Timur.

Baca juga :  Pantai Pasir putih di Manokwari

Taman Nasional ini juga unik karena menjadi salah satu dari 3 kawasan di dunia yang memiliki gletser di daerah tropis. Sehingga beberapa tempat di daerah taman nasional ini akan memiliki salju, itu terbukti adanya salju abadi di salah satu puncak favorit para pendaki gunung, yakni di Puncak Jayawijaya. Spot indah di wilayah ini juga ada wilayah puncak Cartenz, puncak terjal yang eksotis untuk didaki.

Di ketinggian gunung Jayawijaya juga terdapat 3 buah danau yang sangat memukau, diantaranya ialah Danau Hoguyugu, Danau Dyscovery dan Danau Laron yang merupakan salah satu spot yang paling diidamkan oleh pendaki gunung tertinggi di Indonesia.

Adapun yang tak bisa terpisahkan dari kawasan Taman Nasional Lorentz adalah penduduk asli di dalam kawasan dan zona penyangga kampung yang berbatasan langsung dengan batas luar taman tersebut. Karena itu, meskipun kawasan ini 70 persen hutan perawan, sebagian besar kawasan ini merupakan hutan yang belum terjamah oleh manusia alias masih alami.

Begitu indahnya Taman ini yang merupakan keindahan Alam di Tanah Papua Tanah Indonesia, sudah semestinya setiap manusia harus menjaga dan melestarikannya karena Anugerah Tuhan adalah untuk kita jaga ke-alamiannya.

Leave a Reply

*

Top