You are here
Home > Berita > Tanggap Terhadap Bencana Alam

Tanggap Terhadap Bencana Alam

Jayapura – Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Tatang Sulaiman memberikan intruksi tangggap terhadap bencana usai memimpin upacara penegakan ketertiban di lapangan hitam Makodam XVII/Cenderawasih pada Selasa (13/1).

Intruksi tersebut diberikan kepada seluruh anggotanya terutama yang bertugas di jajaran bawah khususnya Komando Rayon Militer (Koramil) agar selalu senantiasa siap sedia menghadapi berbagai macam bencana alam termasuk membantu masyarakat yang terkena musibah.

Dalam hal ini anggota Koramil harus mampu mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam yang akan terjadi. Di samping Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) yang disiapkan Kodam XVII/Cenderawasih anggota Koramil juga dituntut mampu menghadapi bencana. PRCPB adalah pasukan yang siap setiap saat bila bencana tersebut datang. Sebab, wilayah Papua merupakan wilayah yang rawan terhadap bencana, sebagaimana adanya laporan yang mengatakan bahwa ada beberapa daerah yang rawan terhadap bencana alam seperti banjir maupun longsor.

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, masing-masing satuan khususnya pasukan tempur agar menyiapkan kurang lebih dua kompi, dan satu kompi lainnya di persiapkan untuk unsur pembekalan dan unsur kewilayahan seperti Babinsa yang berdinas di Kodim maupun Korem diwilayahnya masing-masing.

Dengan persiapan yang sudah cukup matang ini, Kasdam berharap agar penanggulangan bencana dapat ditangani dengan segera oleh pasukan ditingkat bawah seperti Koramil. Bila dari koramil merasa butuh bantuan maka Kodim akan turun, dan bila itu juga belum dapat ditangani maka Korem harus turun bahkan bila dipandang perlu maka Kodam pun akan ikut membantu untuk masyarakat yang sedang membutuhkan pertolongan tersebut.

Baca juga :  Kegiatan Rutin Posyandu Mimosa Korem 172/PWY

Bagi masyarakat yang bertempat tinggal di daerah yang rawan akan bencana alam seperti longsor, banjir dan gempa bumi, agar tanggap terhadap situasi bencana dan mampu mengantisipasi setiap kejadian yang dinilai membahayakan diri sendiri maupun keluarga. Sebab kondisi geografis yang ada di setiap wilayah semua berbeda-beda, ada yang aman dan ada yang berbahaya. Maka dari itu, tetaplah selalu waspada dengan setiap kejadian yang ada di wilayah tempat tinggal kita masing-masing dengan lebih mengutamakan faktor keselamatan. “Pungkas Kasdam”.

 

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top