You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Tank Marder Pendukung MBT TNI AD

Tank Marder Pendukung MBT TNI AD

Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI AD) selain diperkuat dengan persenjataan berat berupa Main Battle Tank (MBT) dari varian Leopard 2a4 juga diperkuat dengan Tank angkut personel yaitu Marder 1A3. Tank Marder ini juga adalah keluaran dari pabrik yang sama dengan Leopard yaitu dari sebuah pabrikan pertahanan Rheinmetall, jerman. Tank ini diciptakan sebagai  platform umum kendaraan lapis baja yang efektif tanpa mengesampingkan perlindungan dan mobilitas dalam mendukung tank tempur utama Leopard.

  • Persenjataan

Sebagai tank angkut personel, Marder memiliki ciri khas tersendiri dari jenis IFV yaitu meriamnya berkaliber kecil, menggunakan Rheinmetall MK 20 Rh202 kaliber 20 mm. Persenjataan ini menggunakan sistem otomatis, dengan artian pelurunya tidak perlu di reload (diisi) satu persatu. Selain itu amunisi yang digunakan juga bisa dari berbagai jenis seperti penembus baja serta high explosive (HE) atau amunisi berdaya ledak tinggi maupun amunisi konvensional. Hal ini membedakan Tank marder dengan jenis Tank angkut personel yang sebelumnya dimiliki TNI AD yang hanya dibekali senapan mesin berat kaliber 12,7 mm atau 7,62 mm.

Selain itu, berfungsi sebagai senjata tambahan, terpasang sejajar pada bagian kiri turret (kubah/menara) kanon sebuah senapan mesin 7, 62 mm. Turret ini juga bisa berputar 360 derajat sedangkan kanonnya bisa digerakkan secara vertikal dari -17 derajat hingga +65 derajat dengan kecepatan gerak 40 derajat per detik. Soal kubah, bentuknya terbilang unik, juru tembak duduk di dasar kubah yang letaknya di dalam kabin pasukan, sehingga bagian yang tampak hanya dudukan untuk sistem kanon. Pola ini tentunya lebih aman untuk juru tembak dari serangan sniper. Bukan itu saja, Marder ini juga dibekali 7 pelontar granat kaliber 76 mm untuk melontarkan granat asap yang berguna mengaburkan pandangan musuh.

  • Angkut Personel

Untuk desain body dan interior, tak jauh berbeda dengan jenis tank angkut personel lainnya di Eropa. Marder dirancang mengangkut ±10 orang, terdiri dari satu NCO (Non Commissioned Officer) sebagai komandan kendaraan regu dan pasukan, satu pengemudi, satu juru tembak kanon, dua juru tembak sista anti tank.

Baca juga :  Cara Mudah Membersihkan Air Kotor Menjadi Air Bersih
interior tank marder
interior tank marder

Tempat pengemudi berada di sisi kiri depan, sementara mesin berada disebelah kanannya. Sementara di bawah kubah meriam dibagian tengah terdapat tempat untuk dua awak, dengan komandan kendaraan duduk di kanan dan juru tembak di sisi kirinya.  Sementara itu untuk mengangkut personel infanteri, terdapat ruangan dibagian belakang Tank dengan kapasitas 6 personel, dengan posisi duduk saling membelakangi.

Marder menggunakan mesin diesel MTU MB Ea-500 enam silinder berpendingin cair yang mampu menghasilkan 600 hp (tenaga kuda). Pada varian awal Marder, mesin ini mampu memacu kendaraan hingga 75 km/jam di jalan mulus. Namun pada varian berikutnya di mana sudah tedapat sejumlah modifikasi yang membuat berat kendaraan bertambah secara signifikan hingga mencapai sekitar 35-an ton, kecepatan maksimalnya pun turun menjadi sekitar 65 km/jam saja.

Meski tidak punya kemampuan amfibi,  Marder bisa melintasi air hingga kedalaman 1,5 meter. Jika dilengkapi dengan peralatan tambahan, kendaraan tempur ini bisa melintasi air berkedalaman hingga 2,5 meter. Untuk melaju di jalanan aspak, ranpur ini tidak akan merusak jalan, pasalnya Marder menggunakan roda penggerak yang dipasangi trek Diehl dengan bantalan karet.

Spesifikasi Tank Marder TNI-AD

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top