You are here
Home > Dari Media Lain > Tiga Batalyon Ditempatkan di Perbatasan RI – PNG

Tiga Batalyon Ditempatkan di Perbatasan RI – PNG

Merauke – Dalam rangka memperkuat pengamanan di perbatasan negara antara RI–PNG di Kabupaten Merauke dan Boven Digoel sebanyak 3 Batalyon ditempatkan sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas-Pamtas). Ketiga Satgas-Pamtas tersebut adalah Yonif 511/DY dari Kodam V/Brawijaya, Yonif 711/Paksa Tanam dari Kodam VII/Wirabuana dan Yonif 613/JRA dari Kodam VI/Mulawarman, Kalimantan.

Ketiga Batalyon ini menggantikan 2 Batalyon sebelumnya yang purna tugas. Ketiga Batalyon satgas pamtas ini akan dibawah kendali Brigif 22/OMS dengan Pangkat Kolonel.

Membacakan amanat Pangdam XVII/Cenderawasih  Mayjen TNI Fransen G. Siahaan, SE, Pada upacara penerimaan ketiga batalyon tersebut, Jumat (24/10) siang di Makorem 174/ATW, Danrem 174/ATW Brigjen TNI Supartodi mengucapkan selamat datang di bumi Cenderawasing.

Dikatakan daerah perbatasan, memiliki kerawanan yag cukup tinggi sebagai daerah cukup tinggi sebagai daerah penyelaman, base camp dan basis operasi pengacau keamanan untuk melakukan penyerangan terhadap pos-pos TNI dan Polri. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan oleh clandestaind dalam melancarkan aksi provokasi terhadap masyarakat setempat. Karena itu, ia mengharapkan untuk tetap waspada melakukan patroli-patroli keamanan maupun pemeriksaan patok batas dan beri tanda-tanda dari pos ke patok batas disector tanggung jawabnya.

Baca juga :  TNI Membangun Bersama Rakyat

Dihimbau untuk menciptakan stabilitas keamanan disepanjang perbatasan wilayah darat RI-PNG mencegah pelintas batas ilegal maupun penyelundup, mencegah masuk keluarnya gerakan sparatis Papua bersenjata disepanjang perbatasan RI-PNG serta wujud akan kesadaran masyarakat yang berada disekitar perbatasan dari pengaruh dan ancaman dari gerakan sparatis Papua besenjata “Adakan pendekatan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat guna mengambil simpati masyarakat”, pungkasnya.

One thought on “Tiga Batalyon Ditempatkan di Perbatasan RI – PNG

Leave a Reply

*

Top