You are here
Home > Berita > Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Tiba di Merauke

Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Tiba di Merauke

Merauke – Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua dengan menggunakan Kapal KRI Teluk Bintuni milik TNI Angkatan Laut (AL) telah tiba di Pelabuhan Merauke Jl. Yos Sudarso Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Kamis (03/08).

Kedatangan Kapal KRI Teluk Bintuni tersebut mengangkut 500 peserta Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua bagian Selatan dibawah pimpinan Mayor Cba Wahyu Nugroho yang terdiri dari berbagai elemen bangsa diantaranya TNI, Polri, Para Ahli (peneliti), Mahasiswa (Akademisi), Para Pencinta Alam dan Organisasi Kepemudaan serta Pramuka.

Ekspedisi NKRI kali ini mengusung tema ”Peduli Masyarakat dan Lestarikan Alam”. Penetapan lokasi pelaksanaan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan mempunyai makna dan tempat yang strategis karena merupakan wilayah perbatasan antara 2 Negara di timur Indonesia yaitu Negara PNG dan Negara Australia.

Dalam sambutannya Danlantamal XI/Merauke Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, M.Tr., Han., mengucapkan, “Selamat datang di Kab. Merauke dan selamat bergabung dengan Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017. Di Merauke agak sulit air, maka dari itu tugas kalian apabila nanti sudah menjadi pejabat dan mendapat tugas disini supaya bisa memecahkan permasalahan yang ada di Merauke yaitu masalah Listrik dan Air. Kita sama-sama ada di sini, mari kita bangun Merauke”, terangnya.

Sementara itu, Ketua Koordinator Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 Kolonel Inf Dwi Anggono yang didampingi oleh Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Heri Krisdianto, S.E., mengatakan bahwa, “Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 ini merupakan Ekspedisi yang ke-7 kalinya. Sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan yang sama di 6 wilayah yaitu pada tahun 2011 di Bukit Barisan wilayah Sumatera, 2012 di Kalimantan, 2013 di Sulawesi, 2014 di Maluku dan Maluku Utara, 2015 di Nusa Tenggara dan Bali dan terakhir di Papua Barat 2016”, jelasnya.

Baca juga :  Kodim 1713/Kaimana Melaksanakan Kegiatan Pengobatan Masal

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, “Dipilihnya Papua Bagian Selatan karena wilayah tersebut memiliki keunikan dibidang Flora dan Fauna, Sosial dan Budaya sehingga dipilih sebagai tempat dilaksanakannya Ekspedisi NKRI ke-7 tahun 2017 dengan berbagai kegiatan yang hampir sama dengan tahu-tahun sebelumnya, terangnya.

Para Peserta Ekspedisi NKRI kali ini nantinya akan dibagi menjadi 2 Koordinator Wilayah (Korwil) yaitu Korwil Merauke dan Korwil Boven Digoel. Untuk Korwil Merauke terdiri dari 3 Sub Korwil yaitu Subkorwil-1/Asmat di Kabupaten Asmat, Subkorwil-2/Mappi di Kabupaten Mappi dan Subkorwil-3/Merauke di Kabupaten Merauke, sedangkan Korwil Boven Digoel terdiri dari 2 Sub Korwil yakni Subkorwil-4/Mindiptana dan Subkorwil-5/Tanah Merah. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top