You are here
Home > Tulisan > Umum > TIPS BERAKTIVITAS SEHARI-HARI AGAR TERHINDAR DARI KEJAHATAN

TIPS BERAKTIVITAS SEHARI-HARI AGAR TERHINDAR DARI KEJAHATAN

Banyak siaran TV, koran dan radio yang memberitakan tentang tindak kejahatan yang terjadi di daerah-daerah bahkan di wilayah tempat tinggal. Tindak kejahatan tersebut bisa jadi bukan hanya niat pelakunya tapi juga karena Anda yang memberi peluang kejahatan itu terjadi. Pada artikel kali ini penulis ingin membagi beberapa tips sederhana untuk menekan kemungkinan timbulnya kejahatan, yaitu :

1. Buddy System / berpasangan.

Jika memungkinkan saat beraktivitas di luar rumah yang jauh dari jarak rumah, usahakan mengajak seorang kerabat, teman atau saudara. Anda tidak tahu apakah di luar sana membutuhkan pertolongan seorang teman atau tidak. Dengan mengajak seorang partner, Anda sudah menghilangkan kemungkinan tersebut. Apabila sesuatu permasalahan terjadi maka teman Anda dapat membantu dengan segera.

 2. Amati keadaan di sekeliling dan jangan biarkan pikiran kosong.

Waspadalah, waspadalah, waspadalah. Kejahatan bukan saja ada karena dari niat pelaku tetapi juga karena adanya kesempatan. Banyak kejahatan di ruang publik yang salah satunya dengan cara mempersuasi korban, atau yang lebih umum dikenal dengan istilah hipnotis. Itu terjadi karena sang pelaku melihat sang korban terlihat linglung, bingung atau terlihat memiliki pikiran kosong. Untuk itu Anda harus fokus pada aktivitas yang dikerjakan, jangan biarkan terlihat melamun dan tidak mengacuhkan lingkungan.

3. Kenali tetangga dan lingkungan.

Bersosialisasi dengan tetangga dan masyarakat sekitar adalah hal positif yang dapat dilakukan. Anda dapat mengenal orang yang berperan pada lingkungan dan mengetahui apa yang terjadi di sekeliling tempat tinggal. Permasalahan maraknya pencurian, masalah sengketa lahan atau masalah bencana alam, merupakan informasi yang cukup penting untuk diketahui. Dengan bersosialisasi dengan lingkungan maka Anda dapat mempersiapkan diri dan dapat mengantisipasi keadaan tersebut. Anda juga harus mengetahui dan mengerti segera melapor ke siapa apabila hal tersebut terjadi di lingkungan.

4. Jangan terlalu percaya pada orang yang tak dikenal.

Apabila Anda sedang beraktivitas di luar ruangan, boleh saja Anda bersosialisasi dengan seseorang yang belum dikenal. Namun sebisa mungkin pembicaraan hanya pada topik umum dan meminimalisir kontak mata dan kontak tubuh dengan orang tersebut. Apabila Anda di rumah, usahakan menerima tamu yang tidak dikenal di luar rumah dengan menutup pintu, dan tanyakan maksud dari orang tersebut bertamu ke rumah Anda.

Baca juga :  Mengenal lebih dekat Pahlawan Bangsa R.A. Kartini

5. Jangan sibuk dengan MP3 Player atau Handphone saat sendirian.

Perilaku mendengarkan musik atau menggunakan handphone terlalu larut di jalan atau tempat umum, maka pikiran Anda tidak lagi bersosialisasi dengan lingkungan. Anda sudah dikuasai oleh gadget yang Anda gunakan. Dari kebiasaan tersebut, kecelakaan dan kejahatan bisa saja timbul. Bisa jadi orang yang sudah lama memperhatikan Anda dengan cepat mengambil tas yang dibawa atau Anda tidak melihat mobil yang melaju cepat sehingga mengakibatkan kecelakaan.

6. Pertimbangkan perasaan Anda (suara hati).

Terkadang Anda memiliki firasat atau perasaan yang tidak enak saat akan melakukan aktivitas. Untuk itu dengarkan suara hati Anda. Cukup baik jika Anda memperhatikan hal tersebut. Namun bukan berarti Anda membatalkan aktivitas hanya karena perasaan tidak enak. Hal tersebut dapat digunakan sebagai warning/peringatan agar Anda dalam melakukan aktivitas di luar lebih berhati-hati. Apakah sudah betul-betul siap atau masih ada yang harus dipersiapkan, misalnya cek kompor di dapur, cek pintu belakang rumah, cek ban kendaraan, cek dompet dan lain-lainnya.

Sekian tips-tips yang dapat penulis share kepada pembaca setia artikel website Kodam XVII/Cenderawasih. Semoga bermanfaat dan dapat dibagikan ke orang-orang yang Anda sayangi di seAndar Anda. Jangan lupa Like Fanpage Kodam di Facebook di Kodam XVII/Cenderawasih dan Follow Twitter Kodam di @Kodam17cen.(hro/cend)

Selamat beraktivitas, semoga Tuhan YME membimbing Anda di jalan yang diridhoi.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top