You are here
Home > Tulisan > Teknologi Informasi > Tips dan Cara Membuat Awet Baterai Android

Tips dan Cara Membuat Awet Baterai Android

Selamat siang Sahabat Ksatria, kali ini saya akan memberikan salah satu tips untuk menjaga baterai Android anda agar tetap awet. Pada umumnya, umur baterai Android Anda akan bertahan hingga 1-2 tahun. Jika Anda baru memakai sebelum mencapai setahun membeli, namun baterainya sering cepat habis atau lowbat, maka jangan-jangan ada yang salah dalam cara merawat baterai Anda.

Sebagaimana pengalaman saya dua minggu yang lalu, pada saat sedang terima telepon tiba-tiba mati begitu saja, tentunya ini sangat menjengkelkan bukan..? setelah kami cek beberapa fitur gadget saya ternyata memang banyak aplikasi yang aktif. Kemudian setelah melakukan beberapa percobaan syukur alhamduluillah ternyata baterai gadget saya masih bagus, padahal saat itu saya sudah membeli baterai cadangan dengan harga Rp. 250.000,- kalau dipikir-pikir sayang juga sudah punya baterai cadangan malah tidak dipakai lagi.

Nah inilah beberapa tips yang saya lakukan pada saat men-charge gadget saya untuk menjaga agar umur baterai bisa bertahan lebih lama lagi :

  • Pada saat melakukan pengisian atau men-charge sebaiknya ponsel dalam keadaan mati dan jangan menggunakan ponsel terlebih dahulu saat sedang di-charge apalagi membuka banyak aplikasi, tunggulah hingga baterai kembali penuh atau jika perangkat android tidak akan digunakan dalam waktu yang cukup lama sebaiknya matikan saja.
  • Jika ingin mendengarkan musik sebaiknya gunakan headset karena hal ini dapat membantu menghemat daya baterai sehingga baterai akan tetap awet.
  • Tutup atau matikan aplikasi yang sedang tidak digunakan seperti aplikasi Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lainnya. Buka saja ketika memang diperlukan.
  • Matikan konektivitas seperti Wifi dan Bluetooth jika tidak dipakai, aktifkan kembali jika memang akan digunakan.
  • Jangan membuka atau menggunakan banyak aplikasi atau fitur secara bersamaan karena akan membuat perangkat Android panas dan pastinya membuat baterai lebih cepat habis, gunakan saja seperlunya dan jangan berlebihan.
  • Atur tingkat kecerahan pada layar, jangan terlalu cerah karena dapat memakan banyak daya dan juga jangan memasang wallpaper animasi atau gambar yang bergerak karena lebih banyak memakan daya ketimbang gambar biasa, maka sebaiknya pakai wallpaper dengan gambar biasa.
  • Gunakan mode getar untuk pemberitahuan pesan atau notifikasi dari aplikasi atau sosial media sehingga akan sedikit membantu menghemat daya.
  • Jangan terlalu banyak install aplikasi yang jarang digunakan.
  • Jika sedang tidak membuka aplikasi yang membutuhkan koneksi dengan internet maka sebaiknya ganti mode jaringan dengan GSM dan ganti lagi ke jaringan 3G atau 4G pada saat yang dibutuhkan saja.
  • Matikan fitur GPS jika tidak diperlukan, anda bisa membuka kembali fitur GPS jika memang sedang dibutuhkan.
  • Jika kamera pada perangkat android terdapat fitur LED Flash maka jangan aktifkan LED Flash saat berfoto di tempat yang terang, aktifkan atau gunakan saja fitur tersebut saat berfoto di tempat yang kurang cahaya.
Baca juga :  Mencegah Terjangkit Penyakit DBD

Demikianlah beberapa tips membuat awet baterai android yang dapat dibagikan untuk sahabat kesatria. Jika ingin baterai tetap awet maka sebaiknya ikuti saran atau tips tersebut dan tidak menutup kemungkinan jika masih banyak lagi tips lainnya untuk membuat baterai android tetap awet.

Semoga informasi dan tips yang telah diberikan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya pengguna smartphone atau gadget Android yang memang seringkali mengalami permasalahan dengan perangkat androidnya seperti baterai yang tidak awet atau harus sering di-charge.

Leave a Reply

*

Top