You are here
Home > Berita > TNI, Aparat Kepolisian dan PT. FI Tertibkan Kebun Liar

TNI, Aparat Kepolisian dan PT. FI Tertibkan Kebun Liar

Timika – Menindaklanjuti hasil perundingan antara pihak PT. FI dan warga masyarakat terkait adanya kebun liar di sekitar tambang, Babinsa Koramil 1710-04/Tembagapura Serka Parwanto beserta Aparat Kepolisian dan pihak PT. FI melaksanakan peninjauan langsung ke lapangan di areal MP 68, Distrik Tembagapura, Rabu (19/07).

Peninjauan dilaksanakan berjalan kaki dengan menyusuri lereng pegunungan. Di dalam perjalanan, tim melihat ada warga masyarakat yang sudah sadar dan meninggalkan kebunnya atas kesadaran diri sendiri, namun masih ada juga warga yang berkebun dikarenakan hasil kebunnya belum di panen.

Pada perjanjian sebelumnya memang terdapat kesepakatan bahwa warga akan meninggalkan kebun liar tersebut jika sudah panen, sehingga penertiban belum bisa dilakukan menyeluruh hari ini.

“Bapak-bapak harus ingat perjanjian sebelumnya dimana jika hasil kebun sudah dipanen maka kebun harus segera ditinggalkan”, jelas Serka Parwanto.

Keberadaan kebun liar ini sendiri bukan hanya membahayakan ekosistem sekitar namun juga membahayakan nyawa petaninya serta rawan menimbulkan longsor di areal Tembagapura.

Baca juga :  Satgas Pamtas Yonif 410/Alugoro Siap Dukung Kegiatan Organisasi Muda Katholik (OMK) di Perbatasan

Demi menegakkan perjanjian yang sudah disepakati, Tim melaksanakan penertiban terhadap camp yang sudah ditinggalkan oleh petani dan selanjutnya pihak PT. FI akan melakukan reboisasi pada lahan bekas kebun liar sehingga dapat mencegah erosi nantinya. Peninjauan langsung akan terus dilakukan untuk mencegah munculnya kebun liar baru demi menjaga kondisi alam di Tembagapura. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top