You are here
Home > Berita > TNI dan Polri Membantu Mediasi Perdamaian Warga Suku Paniai dan Sentani

TNI dan Polri Membantu Mediasi Perdamaian Warga Suku Paniai dan Sentani

Timika Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1710-02/Timika Serda Deni Ohoiulun bersama Aparat Kepolisian melaksanakan mediasi perdamaian antara Kepala Suku Paniai dan Kepala Suku Sentani untuk mengatasi perkembangan situasi daerah binaan di Distrik Mimika Baru, Rabu (19/07).

Permasalahan yang menjadi sorotan untuk saat ini terjadi akibat adanya gesekan beberapa hari yang lalu sehingga sempat memancing emosi salah satu kelompok. Namun karena kesigapan Babinsa bersama Babinkamtibmas setempat, situasi tersebut dapat diatasi.

“Kita semua datang kesini adalah untuk melaksanakan perdamaian dan saya harapkan semua warga mengerti bahwa perselisihan hanya akan merugikan kita semua”, jelas Serda Deni. Apa yang dikatakan Babinsa didukung oleh pihak kepolisian yang juga mengharapkan adanya perdamaian antar kedua kelompok sehingga situasi kamtibmas bisa terjaga.

Selain itu, Babinsa mengharapkan permasalahan bisa diserahkan kepada Aparat Kepolisian dan meminta masyarakat tidak terpancing dengan isu-isu negatif. Masyarakat yang hadir memahami penyampaian dari Babinsa dan Aparat Kepolisian lalu bersedia untuk menyerahkan permasalahan kepada Kepolisian.

Baca juga :  Prajurit Kodim 1714/Puncak Jaya Melaksanakan Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) TW-III Tahun 2016

Namun dari Suku Paniai meminta adanya pembayaran denda adat dari Suku Sentani sebagai wujud pertanggungjawaban. Setelah dilakukan negosiasi pembayaran adat akan dilaksanakan setelah dilakukan pertemuan lanjutan dan warga pun meminta agar Babinsa serta Aparat Kepolisian bisa hadir untuk memediasi kembali perundingan ini nantinya. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top