You are here
Home > Berita > TNI Karya Bhakti Bersama Warga Peringati 1 Mei 2017

TNI Karya Bhakti Bersama Warga Peringati 1 Mei 2017

Jayapura – 1 Mei merupakan salah satu hari yang bersejarah di Tanah Papua yang tidak boleh dilupakan dan dihilangkan oleh masyarakat di Papua. Tepat pada tanggal 1 Mei 1963 merupakan peristiwa bersejarah bagi rakyat Papua dan bagi Indonesia. Pada umumnya peristiwa tersebut adalah proses Kembalinya Irian Barat ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diambil alih langsung oleh pemerintah Indonesia melalui prosedur yang sah dan demokratis serta diterima oleh hukum Internasional.

Untuk memperingati kembalinya Irian Barat ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, anggota Koramil 1701-13/Kaureh bersama warga kampung Sarwa Jaya, Distrik Yapsi, Kabupaten Jayapura melaksanakan pembersihan jalan trans Distrik Yapsi Lereh dan penyerahan cat tembok oleh anggota Koramil 1701-13/Kaureh kepada Johan Sarwa selaku Ondoafi kampung Sarwa Jaya. Pada hari Jumat (28/4).

Dalam Karya Bhakti tersebut, Danramil 1701-13/Kaureh Kapten Czi Rama menghimbau kepada warga Kampung Sarwa Jaya agar tidak terprovokasi oleh kelompok-kelompok yang mengatas namakan masyarakat Papua yang tidak bertanggung jawab dan ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, sesuai dengan perjanjian New York bahwa hak menentukan nasib sendiri penduduk Irian Barat telah dilaksanakan melalui Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juli hingga bulan Agustus 1969 yang menyatakan bahwa penduduk Irian Barat tetap bagian yang tak terpisahkan dari bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga :  Babinsa Asmat Galang Seluruh Warga Masyarakat Yang Menjadi Binaannya

Danramil 1701-13/Kaureh berharap kepada seluruh warga kampung Sarwa Jaya, Distrik Yapsi, Kabupaten Jayapura agar jangan sekali-kali melupakan sejarah, bahwa tanggal 1 Mei setiap tahunnya adalah hari kembalinya Irian Barat ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top