You are here
Home > Berita > TNI Peduli Kesehatan Anak-Anak Perbatasan Papua

TNI Peduli Kesehatan Anak-Anak Perbatasan Papua

Jayapura Sinergitas bidang kesehatan antara Satgas Pamtas Yonif 122/Tombak Sakti dengan Yayasan Pelayanan desa Terpadu Jayapura, diwujudkan dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal terhadap 200 orang anak di perbatasan, pada hari Jum’at (31/3).

Yayasan PESAT yang berdiri sejak tahun 1987 ini sangat tertarik dengan berbagai kegiatan sosial yang telah dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 122/Tombak Sakti kepada masyarakat perbatasan RI-PNG.

Menurut keterangan Aris Susilo Putro, Pimpinan  Yayasan Pesat Cabang Jayapura, dirinya mengaku tertarik untuk bekerjasama dengan TNI di perbatasan, hal ini dikarenakan bahwa saat ini TNI telah memiliki banyak tenaga medis yang profesional dan kiprahnya mampu menjangkau diseluruh pelosok masyarakat perbatasan.

Diakui oleh Lettu Ckm Andri Andi, salah seorang Komandan Pleton Kesehatan dari Satgas Pamtas Yonif 122/TS, dirinya menyambut baik kerjasama ini, “Saya sudah laporkan kepada Dansatgas tentang pelaksanaan kerjasama pemeriksaan dan pengobatan massal kepada anak-anak di perbatasan, dan beliau memberikan respon positif terhadap kegiatan ini, “ujar Andri kepada awak media.

Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal kepada 200 orang anak yang dilaksanakan di daerah Scouw Sae dan Scouw Yambe tergolong sukses, pasalnya hari ini anak-anak yang mengikuti kegiatan ini terlihat senang dan antusias menjalani setiap tahap pemeriksaan.

Menurut keterangan Daslima Sihotang, salah seorang koordinator yayasan PESAT menjelaskan kepada kami bahwa tidak dijumpai penyakit kronis pada diri anak-anak, “Hasil pemeriksaan yang kita lakukan hari ini tidak ada penyakit kronis, sebagian dari mereka hanya ada yang menderita flu dan demam, kami telah memberikan pengobatan langsung kepada mereka, dan harapannya cepat sembuh,”ucap Daslima kepada kami.

Baca juga :  Makan Malam Bersama Kru ABK ADRI XLVIII Jakarta di Pantai Weref Jayapura

Sementara itu saat kami hubungi disela-sela kesibukannya hari ini, Mayor Infanteri Sigit Sugiharto selaku Dansatgas Pamtas Yonif 122/TS, dirinya merasa senang dan memberikan apresiasi yang tinggi atas suksesnya kerjasama pemeriksaan kesehatan dan pengobatan terhadap anak-anak diperbatasan.

“Saya berharap kegiatan ini tetap terus dilakukan secara terpadu di seluruh lapisan masyarakat di perbatasan, terlebih di pelosok-pelosok daerah pedalaman Papua,” tutur Mayor Inf Sigit Sugiharto dengan penuh harap. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top