You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Tradisi Korps Sangkur Pora

Tradisi Korps Sangkur Pora

Pernikahan merupakan suatu impian bagi seseorang yang mencintai pasangannya sebagai bentuk pengesahan hubungan mereka menjadi sepasang suami istri. Dalam acara pernikahan, pasti banyak rangkaian kegiatan untuk mengisi acara resepsi pernikahan tersebut. Disetiap daerah memiliki ciri adat tersendiri dalam pelaksanaan acara pernikahan.

Oleh karena itu, disini si penulis akan memberikan sedikit tulisan tentang tradisi korps sangkur pora yang ada pada acara pernikahan yang sering dilakukan oleh prajurit TNI di Dunia Militer.

Tradisi Korps Sangkur Pora terdiri dari 13 orang bintara dalam bentuk tim sangkur. Rangkaian diawali dengan kedua mempelai turun dari mobil dan akan diarak ke tempat laporan Komandan Tim Sangkur Pora.

Dengan posisi sangkur terhunus melambangkan sikap dan jiwa ksatria kedua mempelai dalam menjalani hidup membina rumah tangga dalam menghadapi berbagai cobaan yang akan menjadi penghambat perjalanan kehidupan mereka.

Setelah itu kedua mempelai akan melewati gerbang  dengan posisi pasukan berbanjar sebagai gambaran bahwa awal dari suka dan duka dalam menempuh kehidupan yang baru sebagai keluarga yang bahagia.

Kedua mempelai berjalan berlahan diikuti oleh Tim Sangkur Pora sampai berbentuk posisi melingkar berbentuk payung. Setelah itu 4 pasukan membuka jalan untuk komandan satuan beserta istri untuk memberikan  dan pemasangan cincin serta penyerahan seperangkat pakian Persit kepada mempelai wanita yang menandakan istri prajurit sejati.

Baca juga :  Sejarah Terjun Payung

Setelah acara serah terima dan pemasangan cincin selesai, komandan satuan kembali ke tempat duduk dan komandan Tim Sangkur Pora melaksanakan laporan penutupan yang menandakan bahwa Tradisi Sangkur Pora telah selesai. Kegiatan dilanjutkan dengan pengabadian foto bersama para prajurit, keluarga, saudara dan tamu undangan.

Mungkin itu sedikit tulisan mengenai Tradisi Korps Sangkur Pora yang sering dilaksanakan di acara pernikahan Prajurit TNI. Semoga bermanfaat dan salam jiwa Ksatria.(Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top