You are here
Home > Berita > Upacara Bendera Peringatan Harkitnas Gabungan Tni-Polri Dan Pemda

Upacara Bendera Peringatan Harkitnas Gabungan Tni-Polri Dan Pemda

Sorong – Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang diikuti oleh prajurit TNI-Polri dan Pemda dengan Inspektur Upacara Kasrem 171/PVT Kolonel Inf R. Agus Abdurrauf, S.I.P., dihadiri oleh Danlanal Sorong Kolonel Laut (P) Kunto Djahyono, para Kasi Korem 171/PVT, Wakil Bupati Sorong Drs. Suka Harjono, M.Si, Ketua  DPRD Kabupaten Sorong Adam Klow, S.Pak, SH, para Komandan Satuan dan Ka Balak Aju jajaran Korem 171/PVT, Waka Polres Sorong Kompol Aris, S.Ik bertempat di dilapangan upacara Korem 171/PVT Jl. Pramuka No. 1  Sorong-Papua Barat, Rabu (20/5).

Kasrem 171/PVT selaku Inspektur upacara membacakan sambutan  Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengatakan bahwa setiap tanggal 20 Mei, bangsa ini memperingati Hari Kebangkitan Nasional, hari yang menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia. Kebangkitan Nasional merupakan makna bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi modern yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan.

Melalui peringatan Harkitnas ini, marilah mengenang kembali bagaimana semangat perjuangan The Founding Fathers bangsa besar ini untuk di ambil sebagai teladan bagi semua. Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan Dokter Soetomo telah menanamkan konsep perjuangan intelektual lewat pembentukan organisasi untuk membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa. Proses panjang perjuangan mereka yang dilanjutkan para pejuang lain, telah menghasilkan lahirnya bangsa besar dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dikenal hingga sekarang ini.

Perjuangan Bangsa Indonesia belum berakhir. Perjuangan ini adalah abadi, untuk menuju Indonesia maju dan modern, berkeadilan, sejahtera, berdemokrasi serta bermartabat. Jika di hitung dari titik awal kebangkitan nasional tahun 1908, berarti rakyat Indonesia telah berproses lebih dari seratus tahun menjadi bangsa yang berdaulat dan secara terus menerus bergelut dengan perubahan. Perubahan-perubahan tersebut mau tidak mau pasti akan menyatu dan menandai proses perjalanan  sejarah  bangsa  Indonesia.  Oleh  sebab   itu,  rakyat Indonesia  harus tetap waspada dan menjaga konsistensi dan kesinambungan nilai-nilai kebangsaan yang telah dirintis oleh pejuang pendahulu.

Baca juga :  Antusias Masyarakat Sorong Ikuti Kemeriahan Karnaval Budaya 17an

Sejalan dengan semangat dan jiwa Kebangkitan Nasional tersebut maka peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107 Tahun 2015 ini mengambil tema “MELALUI KEBANGKITAN NASIONAL KITA BANGKITKAN SEMANGAT KERJA KERAS MEWUJUDKAN INDONESIA MAJU DAN SEJAHTERA”. Tema ini mengandung makna bahwa Kebangkitan Nasional sekarang   lebih    difokuskan  pada  perwujudan  kerja  nyata dengan bekerja lebih keras dan bukan sekedar pengembangan wacana. Tuntutan untuk terus maju dan mewujudkan Indonesia sebagai Negara sejahtera telah menjadi pemicu pentingnya merealisasikan semangat kebangkitan nasional dengan kerja keras, kerja cerdas dan produktif.

Momentum Harkitnas ini juga harus mampu membangkitkan kembali nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada dengan menggelorakan rasa bangga dan cinta tanah air. Tidak ada bangsa yang maju tanpa perjuangan dan kerja keras. Tidak ada bangsa yang maju tanpa pengorbanan. Dan Tuhan tidak akan merubah nasib suatu bangsa kecuali mereka berusaha merubah diri mereka masing-masing. Tujuan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan  sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi sebagai bangsa yang maju dan sejahtera dalam bingkai NKRI. (Penrem 171/PVT)

UPACARA HARKITNAS 2015
UPACARA HARKITNAS 2015

Leave a Reply

*

Top