You are here
Home > Berita > Wakil Bupati Kab. Nabire Pimpin Peringatan Hardiknas TA 2017

Wakil Bupati Kab. Nabire Pimpin Peringatan Hardiknas TA 2017

Nabire Wakil Bupati Kab. Nabire Amirullah Hasyim, S.Ip., M.Ap., menjadi pembina upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang bertempat di lapangan SMPN 5 Kab. Nabire, pada hari Selasa (02/05).

Wakil Bupati sebagai pembina upacara membacakan amanat Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. 2 Mei 2017 kita kembali memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan Thema “Percepat Pendidikan Yang Merata dan Berkualitas”.

Thema tersebut erat kaitanya dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas semakin tinggi, untuk itu marilah kita resapi dan renungi thema tersebut, dengan begitu maka seluruh lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas. Dengan pendidikan berkualitas yang merata dalam makna dapat dinikmati oleh seluruh warga dan bangsa sehingga dapat mencerdaskan bangsa sebagaimana amanat Undang- undang Dasar 1945 dapat terwujud.

Pada setiap saat memperingati Hardiknas kita tidak pernah lupa dengan sosok Ki Hajar Dewantara, karena peringatan ini didasarkan atas kelahiranya pada tanggal 2 Mei 1889. Beliau sudah disepakati sebagai Bapak Pendidikan Nasional dengan tanpa maksud mengecilkan peran para tokoh pendidikan yang lain, karena peran beliau sangat besar baik berupa gagasan dan pemikiran yaitu Panca Darma, bahwa pendidikan perlu beralaskan lima dasar : Kemerdekaan, Kodrat alam, Kebudayaan, Kebangsaan, dan Kemanusiaan.

Kontribusi penyelenggaraan pendidikan harus berdasarkan asas kontinuitas konvergensi dan konsentris. Gagasan pemikiran dan prinsip-peinsip pendidikan Ki hajar Dewantara tersebut menjadi dasar acuan visi presiden di bidang pendidikan dalam visi masa depan Indonesia adalah sangat di tentukan oleh generasi peserta didik masa kini yang memiliki karakter atau budi pekerti yang kuat serta berbagai bidang keterampilan hidup.

Baca juga :  Pangdam XVII/Cenderawasih Tinjau Lokasi Dropping Zone di Biak

Keberadaan bangsa Indonesia di tengah bangsa lain menjadi lebih bermanfaat, berdaulat dan bermartabat, untuk itu dalan reformasi pendidikan Nasional pengorbanan serta pengabdian yang tulus seluruh insan pendidikan di seluruh Indonesia sangat diharapkan. Marilah kita menggerakkan reformasi Progam Pendidikan Nasional demi kemajuan dan keunggulan Pendidikan Nasioanal pada satu sisi dan pada sisi yang lain demi kelangsungan dan kelanggenan Bangsa Indonesia di tengah kancah bangsa – bangsa lain.

Pada Hari Pendidikan Nasional 2017 ini kita singsingkan lengan baju untuk menggerakkan Reformasi Pendidikan Nasional demi anak cucu kita. Mari kita kuatkan tekad dan langkah demi terwujudnya pendidikan berkualitas yang merata di seluruh Indonesia.

Kegiatan dihadiri oleh Sekda Kab. Nabire, Ir. I Wayan Mentaya, Asisten II Ir. Syarifuddin, Unsur Forkopimda, Kepala Distrik Nabire, Pasipers Kodim 1705/Paniai Lettu Inf Rudy Makikui, para Kepala Sekolah, Guru dan siswa-siswi SD, SMP, SMA sekitar 500 orang peserta. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top