You are here
Home > Berita > Warga Moanemani Inisiatif Tampung Air Bersih

Warga Moanemani Inisiatif Tampung Air Bersih

Dogiyai – Babinsa koramil 1705-06/Moanemani Serma John Wilson P. beserta Serka Depris Pipa, Serda Wili Morin, Serda Marius Pekey, melaksanakan kegiatan Komsos dengan Bapak Timotius Tigi salah satu tokoh masyarakat sekaligus pemilik tempat pengambilan air bersih yang berada di Kampung Epeida, Distrik Kamuu, Kab. Dogiyai pada hari Selasa (6/6/17).

Kegiatan Komsos yang dilaksanakan oleh Babinsa adalah kegiatan teritorial yang merupakan program kerja Koramil 06/Moanemani dan merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap Babinsa untuk dapat menjalin hubungan baik dengan tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh lainya yang ada di desa selaku mitra karib Babinsa dengan tujuan untuk mendapatkan informasi tentang permasalahan-permasalahan yang ada wilayah binaannya.

Air bersih merupakan suatu kebutuhan pokok yang sangat penting bagi kehidupan manusia, lebih khusus masyarakat yang ada di Kab. Dogiyai,  yang sampai saat ini masih terasa kurang oleh karena beberapa fasilitas air bersih yang sudah di bangun belum bisa berfungsi dengan baik.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, selain menggunakan air hujan dan air dari sungai, maka masyarakat harus membelinya dari mobil pengangkut air (mobil tangki air). Bapak Timotius Tigi selaku tokoh masyarakat yang juga adalah pegawai satpol PP Kab. Dogiyai berinisiatif untuk membangun suatu tempat penampungan air bersih, agar mudah untuk diambil oleh masyarakat maupun mobil tangki untuk selanjutnya di distribusikan ke masyarakat yang membutuhkan.

Tempat penampungan air bersih yang berbentuk sebuah kolam dengan kedalaman 5 meter, merupakan hasil swadaya Bapak Timotius Tigi. Dan kepada masyarakat yang ingin mengambil air untuk kebutuhan sehari-hari tidak di pungut biaya, tetapi apabila untuk di jual maka dikenakan biaya yang nantinya akan di pergunakan untuk perawatan kolam tersebut.

Baca juga :  Latihan Menembak Senjata Ringan Batalyon Infantri 755/Yalet

Sebagai tokoh masyarakat Bapak Timotius Tigi menyampaikan, bahwa di Moanemani banyak sumber air yang apa bila di kelola dengan baik, dapat mencukupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Kalau bisa dari pemerintah dapat membangun kembali fasilitas air bersih yang baik agar masyarakat dapat menikmati air bersih dengan baik pula tanpa harus membeli.

Bapak Timotius Tigi mengucapkan terimakasih kepada para Babinsa yang sudah secara langsung turun ke kampung untuk melihat masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat, dan di harapkan agar komunikasi yang baik ini tetap terjalin agar setiap masalah  dapat di selesaikan. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top