You are here
Home > Pengetahuan > Waspadai 4 bahan berbahaya pada makanan

Waspadai 4 bahan berbahaya pada makanan

Suatu ketika penulis mendengar ibu-ibu berbincang disebuah teras, ibu A memesan tahu yang berasal dari suatu daerah kepada ibu B yang katanya orang tahunya enak gurih dan kesat. Kemudian Ibu B pun menyanggupinya dan akhirnya menerima titipan sejumlah uang dari Ibu A.

Dari percakapan tersebut penulis berfikir bahwa mungkin ada yang berbeda dengan tahu tersebut dengan tahu lainnya. Sudah menjadi kebiasaan, orang cenderung lebih memilih panganan yang lebih gurih, enak, tahan lama dan murah tanpa memperdulikan proses makanan tersebut menjadi demikian.

Dengan pengetahuan terbatas pun seharusnya kita dapat langsung menaruh curiga apabila suatu makanan berbeda dari makanan biasanya. Sebagai contoh makanan yang seharusnya sudah basi dalam sehari namun makanan tersebut masih tidak menimbulkan perubahan bentuk dan warna walau disimpan sudah lebih dari sehari. Disitu kita harus segera berprasangka negatif terhadap panganan tersebut.

Menurut penjelasan dari Prof. Dr. Iwan Darmansyah, Guru Besar Bidang Farmakologi, Universitas Indonesia. Ada beberapa ciri dari makanan dibawah ini yang dapat dijadikan contoh atau patokan kita dalam memilih dan memilah makanan mana yang berbahaya bagi tubuh kita:

A. Ciri-Ciri Makanan Mengandung Formalin.

1. Mie Basah : tidak lengket, sangat kenyal, serta tidak mudah rusak dan tahan dalam jangka waktu lama.

2. Tahu : teksturnya yang terlampau keras, kenyal, tapi tidak padat, tidak mudah rusak dalam waktu lama.

3. Ikan : insang berwarna merah tua, tidak cerah atau bukan merah segar, tidak berbau khas ikan asin, warna daging putih bersih, kenyal dan tak mudah rusak, tidak mudah patah, agak keras serta tidak dihinggapi lalat.

Baca juga :  Mengenal Penyakit Diabetes dan Mengobati Secara Tradisonal

4. Bakso : tekstur sangat kenyal, tidak rusak sampai 2 hari pada suhu kamar, jika dibelah di dalamnya tampak warna merah tua mencolok tidak wajar.

5. Daging Ayam : tekstur daging kencang, tak mudah rusak dan tak disukai lalat.

B. Ciri-Ciri Makanan Mengandung Boraks.

1. Mie Basah  : tidak lengket, sangat kenyal, serta tidak mudah putus.

2. Bakso          : tekstur sangat kenyal, warna tidak kecokelatan seperti penggunaan daging, tapi lebih cemerlang keputihan.

3. Lontong     : rasa getir dan sangat gurih, serta beraroma sangat tajam.

4. Kerupuk     : teksturnya sangat lembut dan renyah, bisa menimbulkan rasa getir di lidah.

C. Ciri-Ciri Makanan Mengandung Pewarna Rhodamin B dan Methanyl Yellow
Memiliki warna mencolok cerah, mengkilap, warnanya tidak homogen (ada yang menggumpal), ada sedikit rasa pahit jika ditelan dan memunculkan sedikit rasa gatal ditenggorokan saat mengonsumsinya.

Sekian sedikit sharing pengetahuan yang penulis bagi. Semoga menjadi tambahan pengetahuan kepada para sahabat ksatria agar lebih mewaspadai makanan-makanan yang berbahaya bagi kesehatan. (hro/cen)

 

Leave a Reply

*

Top