You are here
Home > Wisata Militer > Wisata Kuliner Khas Papua Yang Menggoda Selera

Wisata Kuliner Khas Papua Yang Menggoda Selera

Wisata Kuliner Khas Papua Yang Menggoda Selera

Sahabat Wismil… kali ini kita tidak akan berkunjung ke tempat-tempat pariwisata, melainkan kita akan menyuguhkan dengan wisata militer yang sudah tentunnya berbeda dengan yang biasa-biasanya. Berkaiatan dengan masakan atau kuliner yang sudah tidak asing lagi ditelinga para sahabat wismil tentang kuliner yang satu ini yang merupakan kuliner Khas papua yaitu Papeda Kuah kuning yang siap menggoyang lidah anda dengan kenikmatan makanan lokal. Papua menantang anda untuk mencoba kelezatan wisata kuliner khas Papua.

Tidak seperti daerah lain di Indonesia, di Papua sendiri sagu merupakan makanan utama pengganti nasi, karena memang di Papua sangat jarang ditemui nasi. Kebanyakan masyarakat makan sagu. Mereka membuatnya sendiri dan mengambilnya masih dengan cara tradisional dari pohon sagu yang tumbuh di lingkungan tempat tinggal mereka. Pohon sagu yang nantinya diambil dan disaring sehingga menjadi tepung. Setelah itu dapat di konsumsi dan menjadi kuliner unik di Papua. Berani mencoba kuliner Papua?

Kita ketahui bersama bahwa bahan pembuatan Papeda sendiri dibuat dari bubur sagu. Biasanya orang pedalaman Papua yang membuatnya. Sagu sesungguhnya lebih terkenal di Papua dari pada di daerah lain. Walau di Maluku orang juga makan sagu, namun di Papua, sagu adalah makanan pokok.

Baca juga :  Menikmati Sunset di Bukit Teletubis Jayapura

Papeda yang kenyal dapat dipadukan dengan ikan kuah kuning yang rasanya asam. Pokoknya pasti membuat anda ketagihan. Tekstur Papeda yang kenyal ditambah dengan kuah kuning yang rasanya segar, benar benar perpaduan sempurna. Apalagi kuah kuning ini didominasi oleh rasa tomat, lemon cui, dan beberapa rempah dan kaldu ikan.

Untuk membuat membuat ikan kuah kuning dibutuhkan ikan Gabus selain itu juga bias menggunakan Ikan Kue ataupun ikan Kakap Merah.  Selai itu juga dilengkapi dengan kehadiran sayur buah pepaya atau sering disebut sayur Ganemo. Sayur ini terbuat dari daun muda melinjo yang ditumis dengan bunga papaya, yangtentunya akan menggoyang lidah para sahabat wismil.

Leave a Reply

*

Top