You are here
Home > Wisata Militer > Wow… Destinasi Alam Lembah Baliem

Wow… Destinasi Alam Lembah Baliem

Selamat siang sahabat Wismil, Selamat berjumpa kembali pada rubrik Wisata Militer (Wismil) seputar traveling di pulau Papua, kita ketahui bersama bahwa di Papua memiliki panorama dan destinasi wisata yang wajib kita kunjungi karena keindahan alam yang setiap saat mampu menghipnotis para pengunjung baik dalam maupun luar negri. Langsung aja Cekidot, kali ini kita akan mengulas tentang destinasi alam yang satu ini tepatnya di Lembah Baliem.

Bagi sahabat wismil, untuk menuju Lembah Baliem sendiri anda harus menempuh perjalanan menggunakan transportasi pesawat terbang. Untuk menuju lokasi dimana Lembah Baliem itu berada terlebih dahulu sahabat harus mencapai Jayapura sebagai pusat ibu kota provinsi di Papua, dari situ anda bisa melanjutkan perjalanan dengan penerbangan dari beberapa maskapai penerbangan kecil menuju ke tempat lokasi Lembah Baliem berada. Bagi anda yang tidak ingin terlalu disusahkan dengan rencana perjalanan sendiri anda bisa menggunakan jasa paket traveling.

Jika anda berkunjung ke Lembah Baliem sebaiknya pada saat bertepatan dengan acara festival yang diadakan selama 3 hari dalam setiap tahunnya, karena disitu anda akan disuguhi berbagai macam kesenian diantaranya festival Tarian Perang Suku. Selain itu, ada juga akan melihat lomba karapan babi antar desa dan pesta babi bakar. Anda juga bisa membeli kerajinan tangan hasil karya suku setempat.

Akan tetapi di daerah tersebut masih terdapat beberapa kendala diantaranya, masih terbatasnya penginapan untuk parawisatawan dan juga transportasi terlebih pada saat festival Lembah Baliem berlangsung karena penginapan disesaki oleh para wisatawan baik lokal maupun dari mancanegara. Hal ini yang menjadikan sulit untuk mencari penginapan. Jika anda ingin mengunjungi Wamena pada saat festival, sebaiknya pastikan paket traveler anda sudah dilengkapi dengan penginapan dan kendaraan.

Baca juga :  Ayo Berkunjung Ke Jayapura

Pada bulan Agustus, Lembah Baliem menjadi tempat wisata di Papua yang menarik banyak perhatian wisatawan. Selama tiga hari diselenggarakan acara tahunan yaitu Festival Lembah Baliem. Festival ini sebenarnya merupakan cara pemerintah untuk menghapuskan perang antar suku yang sering terjadi di sini. Perang antar suku telah dilarang, sebagai gantinya diadakan festival ini yang mengubah perang tersebut menjadi pertunjukan seni dan budaya untuk mengundang wisatawan.

Dalam perang di festival ini, ada skenario yang dijalankan. Biasanya perang akan diawali dengan penculikan perempuan salah satu suku atau pencurian babi yang menjadi hewan ternak di sini. Selanjutnya, perang akan berlangsung dengan diawali tarian suku dan diiringi musik tradisional.

Wisata Lembah Baliem merupakan tempat yang didiami oleh beberapa suku yang antaralain Suku Dani, Yali dan Lani di wilayah Pegunungan Jayawijaya. Berada di ketinggian 1.600 meter di atas laut membuat suhu di tempat ini bisa mencapai 10-15 derajat Celcius pada malam hari. Di sini, anda bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan suku asli yang masih memakai koteka bagi pria dan rok rumbai bagi perempuannya.

Anda tertarik bukan..??? Segeralah atur rencana untuk dapat berkunjung ke Destinasi Alam yang wajib untuk dikunjungi,,,,,“Lembah Baliem”

Salam Sahabat Ksatria.

 

Leave a Reply

*

Top