You are here
Home > Tulisan > Umum > Yuk Hormati Hukum, Agar Kita Aman dan Damai

Yuk Hormati Hukum, Agar Kita Aman dan Damai

Selamat siang para Sahabat Ksatria Pelindung Rakyat, pernahkah anda berbuat salah, kemudian di sidang dan di jatuhi hukuman ? Jika belum jangan sampai hal itu terjadi, karena di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini hukum tidak bisa di tawar lagi.

Negara Indonesia adalah negara hukum. Ketentuan pasal tersebut merupakan landasan konstitusional bahwa Indonesia adalah negara yang berdasarkan atas hukum.

Hukum ditempatkan sebagai satu-satunya aturan main dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara (supremacy of law).

Sebagai negara hukum, Indonesia menganut sistem kedaulatan hukum atau supremasi hukum, dimana hukum mempunyai kekuasaan tertinggi dalam suatu negara, dan ciri-ciri khas dari negara hukum dapat terlihat dalam praktek penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia yaitu dengan adanya kekuasaan kehakiman yang bebas dan tidak memihak serta adanya pengakuan adanya Hak Asasi Manusia, walaupun dalam praktek penyelenggaraannya masih belum sempurna dan banyak terjadi penyelewengan terhadap ciri-ciri khas negara hukum tersebut.

Mengingat hukum hampir mencakup semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, maka sangatlah penting untuk meningkatkan pembangunan terhadap hukum sejalan dengan pembangunan terhadap masyarakat agar cita-cita hukum yang ingin dicapai dengan adanya bentuk negara hukum dapat tercapai dan hasilnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat secara adil dan merata tanpa terkecuali.

Baca juga :  Pentingnya Sel Darah Merah Bagi Tubuh Kita

Ketentuan hukum di Indonesia tidak bisa di tawar-tawar lagi, karena perbuatan yang melanggar UU, dan bertentangan dengan UU yang dilakukan dengan sengaja ataupun tidak disengaja oleh siapapun orang itu, maka akan di tindak sesuai dengan hukum yang berlaku sesuai UU. Aparat keamanan Indonesia TNI maupun Polri tidaklah buta, aparat keamanan pasti tau mana yang benar dan mana yang salah, mana yang melakukan tindak kriminal maupun tidak, mana yang meresahkan warga maupun tidak meresahkan warga.

Maka hormatilah hukum yang berlaku di Indonesia, jika anda terbukti bersalah, maka pertanggung jawabkan kesalahan anda dengan konsekuensi yang ada. Tidak akan ada tawar menawar lagi soal hukum jika anda sudah di vonis atau sudah terbukti bersalah.

Untuk itu, yuk kita patuhi hukum negara kita, yang engannya, negara akan menjadi aman, dan ralyatpun akan menjadi damai. (Rz/Cen)

Leave a Reply

*

Top